Pentingnya Berat Badan Bayi

Tugas seorang ibu tentunya tidak selesai ketika bayi sudah lahir. Masih banyak yang harus dilakukan ibu selama sang buah hati tumbuh dan berkembang. Salah satu hal yang dapat menjadi sumber kebingungan dan kekhawatiran ibu-ibu yang baru melahirkan adalah berat badan bayi saat dan setelah dilahirkan, karena berat badan adalah salah satu barometer kesehatan dan tumbuh kembang seorang bayi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memperhatikan berat badan anak. Beberapa hari setelah kelahiran, berat badan bayi akan turun sekitar 5 hingga 10% dari berat badan saat lahir. Ini terjadi karena anak kehilangan cairan saat dilahirkan, dan pada awalnya asupan ASI kurang maksimal. Tetapi, ibu tidak perlu panik atau khawatir, karena biasanya dua minggu setelah melahirkan bayi akan makin bisa memproses ASI dan berat badannya akan naik.

Selama pertumbuhannya tentu bayi akan bertambah berat dan besar. Setiap minggunya, berat badan bayi biasanya naik 170-220 gram dan per bulannya 450-900 per bulan. Perubahan berat badan bayi yang normal setelah kelahiran dapat dirangkum menjadi:
berat badan bayi
  • Usia beberapa hari, berat badan turun 5-1% dan akan naik kembali setelah dua atau tiga minggu.
  • Pada usia 4-6 bulan, berat badan akan meningkat hingga dua kali berat badan saat lahir dan menjadi tiga kalinya menjelang usia satu tahun.
  • Sejalan dengan peningkatan berat badan, panjang bayi juga akan bertambah 1.5 kali panjangnya saat lahir dan lingkar kepalanya bertambah 7.6 cm ketika ia sudah mencapai usia 12 bulan.
Ada kalanya juga pertumbuhan bayi tidak berjalan seperti sebagaimana harusnya. Hal-hal berikut perlu diwaspadai:
  • Berat badan bayi pada usia 10 hari terus turun dan tidak naik hingga anak sudah berusia 3 minggu.
  • Rata-rata kenaikan berat badan bayi di bawah 100 gram per minggu selama 3 bulan pertama.
  • Berat badan bayi berada di bawah garis terendah grafik pertumbuhan standar WHO.
Ketika hal-hal ini terjadi, bayi mungkin mengalami gangguan pertumbuhan dan harus dibawa ke dokter untuk dikonsultasikan. Untuk bayi yang lebih sehat, memperhatikan perkembangan berat badan bayi sangatlah penting agar pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat tetap lancar hingga besar nanti.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger