Acara Garage Sale Untuk Anak Panti


Mengumpulkan dana bagi anak – anak panti bisa melalui acara garage sale. Garage sale merupakan sebuatan lain dari yard sale. Garage sale merupakan acara menjual barang yang digelar didepan rumah untuk menjual barang-barang bekas, tidak perlu dan tidak terpakai lagi. Namun perlu diingat bahwa barang-barang yang dijual itu emang masih layak digunakan kembali.

Apa saja yang bisa dijual di Garage sale? Semua bentuk barang baik itu hiasan rumah, pakaian, barang elektronik, peralatan tulis, perkakas atau barang lainnya yang masih layak digunakan. Motivasi dari garage sale adalah pembersihan rumah dari barang-barang yang sudah tidak digunakan namun barang tersebut masih dalam kondisi yang bagus. Jadi daripada dibuang, mending dijual. Nah, hasil penjualan ini bisa menjadi dana yang dapat diberikan kepada anak – anak panti.

Gimana cara mengadakan garage sale?
garage sale untuk anak panti
  • Persiapkan panitian yang akan terlibat bisa ngajak tetangga, teman, saudara atau anggota keluarga sendiri. Setidaknya minimal perlu 3-5 orang. Jangan lupa musyawarakan setiap kegiatan Anda.
  • Tentukan kapan jangka waktu pengumpulan, kapan penjualannya dilakukan, jenis promosi yang akan digunakan dan hal lain yang menurut Anda peting. Tanggal dibukannya garage sale (memulai pejualan) lebih baik 5-20 hari setelah hari terakhir pengumpulan barang agar Anda bisa menyortirnya dan melakukan pemberian harga.
  • Buatlah selebaran yang berisikan ajakan untuk menyumbangkan barang-barang yang masih layak digunakan. Ada baiknya selebaran tersebut berisikan tujuan garage sale, jangka waktu pengumpulan, tempat pengumpulanya, persayaratan barang yang boleh disumbangkan serta tanggal dan tempat dimana garage sale akan dilaksanakan.
  • Sediahkan sebuah nomor hp yang bisa dihubungi agar penyumbang lebih gampang mengontek Anda. Bila ada memiliki jumlah anggota yang lumayan, Anda bisa menambahkan servis mengambil barang sumbagan langsung ke rumah penyumbang jika mereka sibuk dan tidak bisa mengantarkan sumbangannya.
  • Ketika barang yang sudah sampai ke tangan Anda, langsung lakukan penyortiran untuk memisahkan barang berdasarkan harga agar mudah nanti pas menjualnya.
  • Pada hari H penjualan, Anda bisa memisahkan barang-barang sesuai harga. Biarkan ada jarang antara stand harga A dengan stand harga lainnya biar tidak tercampur. Persiapkan semua barang sumbagan yang akan dijual pada stand harga yang sesuai setidaknya 1 jam sebelum garage sale dibuka.
  • Uang yang dikumpulkan bisa dihitung kemudian dibagi bila Anda ingin menyumbang ke beberapa rumah anak panti sekaligus.

Cara garage sale ini tidak hanya membantu Anda dalam pengumpulan dana bagi anak panti tetapi juga sebagai sarana penampung barang dan baju yang sudah tidak berguna lagi bagi pemiliknya. Sekali dayung 2-3 pulau terlampaui. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger