Pentingnya Pengecekan Golongan Darah


Alat kesehatan yang digunakan untuk memeriksa golongan darah sebenarnya hanya terdiri dari kartu golongan darah dan 4 jenis cairan golongan darah anti. Terdengar simpel dan sepertinya bisa dilakukan sendiri. Namun ada baiknya memeriksakan ke lab yang emang sudah ahli dalam mempergunakan alat kesehatan untuk pengecekan darah.

Walaupun terkesan buang-buang uang, pengecekan darah ini sangat penting lo. Berikut ini beberapa point yang menunjukan berapa pentingnya mengetahui golongan kita masing-masing:
  • Bisa menyumbangkan darah untuk orang lain atau membantu teman, saudara atau keluarga yang membutuhkan darah yang sama dengan golongan darah kita.
  • Saat terjadi kecelakaan atau proses kelahiran yang memerlukan mentranfusi darah, para dokter akan menanyakan langsung pada kita. Bila kita tidak tahu golongan darah kita, dokter tidak bisa melakukan tranfusi. Untuk mengecek golongan darah sebelum tranfusi dan mengambil kantong darah akan memakan waktu; bisa-bisa kita sudah meninggal terlebih dahulu.
  • Seandainya karena terlalu buru-buru atau kita yang salah sebut golongan darah (asal sebut tanpa bukti medis); beruntung kalau ternyata darah yang ditrafusi sesuai dengan golongan darah kita – bila tidak, kita akan meninggal karena akan terjadi pengumpalan dan pembekuan sel darah merah yang kemudian akang menghambat aliran darah.

3 point yang menunjukan petingnya untuk mengecek golongan darah kita masing-masing dan itu juga untuk keselamatan kita. Saya pernah membaca sebuah artikel mengenai ibu yang melahirkan-untunglah kelahirannya lancar sehingga tidak membutuhkan tranfusi darah karena dia sangat yakin dia bergolongan darah O sehingga sebelum melahirkan, dia memberitahu dokter bahwa dia bergolongan darah O. Setelah selesai melahirkan dengan selamat, dia mecoba mengecek golongan darahnya dan hasilnya adalah B. Bayangkan seandainya waktu itu ada kejadian yang memaksanya harus menerima tranfusi darah, saya tidak akan bisa membaca artikelnya sekarang. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger