Bagian Serta Jenis - Jenis Sirsak

Sirsak merupakan tanaman musiman yang dikenal juga dengan nama nangka atau durian Belanda. Kenapa disebut tanaman musiman? Hal ini dikarenakan tanaman sirsak hanya berbuah pada musimnya. Tanaman sirsak merupakan tanaman yang bisa tubuh subur di daerah yang mengandung banyak air dan daerah tropis. Tanaman sirsak yang ditanam sejak biji biasanya berbuah setelah 4-5 tahun. Berikut penjelasan Bagian serta Jenis-jenis Sirsak

Bagian – Bagian Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak terbagi menjadi 4 bagian yaitu:

daun-sirsak
  • Daun – daun sirsak bisa dibilang bagian teratas dari tanaman ini. Daun dari tanaman sirsak tumbuh dan berkembang hingga sangat rimbun sehingga seperti tumbuhan perdu. Daun sirsak yang sehat biasanya berukuran besar dan tebal. Daunnya berbentuk lonjong. Daun ini sekarang banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati kanker dan tumor. Daun sirsak dipercaya dapat membantu pasien memerangi sel kanker tanpa merusak sel – sel sehat lain yang ada di sekitar sel kanker. Cara pengkonsumsian ini sangat mudah dimana daun dibersihkan dan direbus agar airnya bisa diminum oleh pasien. Cuma pengabungan dengan pengobatan lain seperti kemotrapi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.
  • Bunga – Bunga dari tanaman sirsak boleh dibilang lebih tebal dan besar daripada tanaman buah lainnya. Warna bunga ini berwarna hijau. Bunga ini tersusun dari mahkota, 3 helai lapisan dalam dab 3 helai lapisan luar. Bunganya biasanya tumbuh sempurna tetapi kebanyakan hanya bunga betina sehingga penyerbukannya membutuhkan bantuan serangga. Pada saat musim panas, pastikan kebutuhan air tanaman sirsak terpenuhi karen bila tidak bunga sirsak akan gugur atau menjadi hitam keras.
  • Buah – Buah sirsak bisa mencapai 7 kg. Buah ini biasanya berbentuk lonjong dan besar. Kulit buah biasanya berwarna hijau hingga kekuningan dan dipenuhi dengan duri lembut yang tidak tajam sama sekali. Buah ini mengandung banyak biji yang tersembunyi karena ditutipi daging buah sirsak putih. Buah sirsak tidak hanya dimakan secara biasa tetapi juga dikonsumsi dalam bentuk jus dan kue.
  • Batang – Tinggi pohon sirsak bisa mencapai 10 meter dengan diameter batang sebesar 10 – 30 cm. Kulit pada batang sangat mudah dikupas sehingga mudah untuk diokulasikan.

buah-bunga-batang-sirsak

Jenis – Jenis Tanaman Sirsak

Berikut jenis – jenis sirsak yang dikenal oleh maysrakat Indonesia:
  • Sirsak Ratu – merupakan sirsak yang dagingnya manis dan bijinya dikit. Nama ini diberikan karena buah sirsak ini ditemukan di Pelabuhan Ratu dan dikembangkan di Sukabumi. Nama lainnya adalah Sirsak manis.
  • Sirsak Asam – biasanya dikenal dengan sirsak lokal dengan rasa yang manis asam. Buah ini memiliki banyak biji.
  • Sirsak Mandalika – merupakan satu-satunya buah sirsak yang lebih mirip buah nona namun berduri seperti buah sirsak lainnya. Dagung buah ini berwarna kuning dengan rasa campuran dari buah sirsak dan nona. Buah ini bisa ditemukan di Gembrong, kabupaten Sukabumi.
  • Sirsak Bali – sirsak yang tidak memiliki duri sama sekali alias kulitnya licin sehingga beberapa orang menyebutnya sirsak gundul. Ukurannya kecil dan beratnya biasanya hanya sampai 300 gram. Ketika masak, warna kulitnya akan berubah menjadi cokelat kekuningan.
  • Sirsak Sabun – nama lainnya adalah sirsak mentega. Biasanya buahnya bebentuk bundar dan ukurannya sebesar Sukun. Dagingnya berwarna kuning seperti mentega dan rasanya asam ketika masak.

Semoga artikel ini membantu.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger