Tes Kimia Dalam Darah

Berbagai alat laboratorium dibutuhkan untuk mengukur bahan kimia tertentu yang terkandung dalam darah. Tes ini akan memberikan informasi penting mengenai status kesehatan kita terutama seberapa sehat organ-organ di dalam tubuh seperti Hati dan Ginjal. Dengan melakukan tes kandungan kimia, kita juga bisa mengetahui apakah tubuh kita mengalami efek samping dari obat-obat yang dikonsumsi. Tentu untuk mendapatkan hasil yang akurat, kita perlu alat laboratorium yang lengkap.

Tes kandungan kimia dalam darah biasa meliputi
Tes Kimia Dalam Darah
Fungsi hati
Tes ini dapat membantu mengukur seberapa baiknya hati kita bekerja. Beberapa tes yang mengukur enzim dalam hati adalah alanine transaminase (ALT atau SGPT), aspartate transaminase (AST atau SGOT) dan alkaline phosphatase (ALP). Tinggi kadar enzim pada hati bisa berarti adanya masalah pada hati. Beberapa obat seperti obat kanker dan HIV dapat meningkatkan enzim pada hati.

Fungsi Ginjal
Tes ini dilakukan untuk mengukur seberapa baiknya kinerja ginjal. Biasanya tes ini termasuk tes blood urea nitrogen (BUN), creatinine dan uric acid.

Elektrolit atau Electrolyte
Elektrolit memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel, saraf dan organ. Bikarbonat, Klorida, kalium dan natrium merupaka elektrolit. Ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh kurang nutrisi, dehidrasi dan masalah ginjal.

Lemak pada darah (Lipid)
Kadar lemak yang banyak dapat meningkatkan resiko serangan jantung atau stroke. Jumlah kadar lemak atau lipid yang tinggi seperti triglyceride dapat meningkatkan resiko kerusakan pancreas. Jadi lebih baik tahu dulu jumlah lipid yang ada di dalam tubuh agar bisa mengatur gaya hidup yang sesuai dan sehat.

Protein Darah
Tes ini memberikan infomasi mengenai masalah gizi dan membantu mendiagnosa penyakit ginjal, hati dan kondisi lainnya. Tes ini meliputi tes albumin protein.

Kalsium
Kandungan kalsium dicek agar bisa memeriksa berbagai kondisi yang berkaitan dengan tulang, jantung, saraf, ginjal dan gigi. Dengan pengecekan ini, kita bisa tahu apakah tulang kita lemah atau tidak.

Dikarenakan banyak hal yang diuji sehingga alat laboratorium yang dibutuhkan juga bermacam-macam. Untuk setiap tes, alat laboratorium yang dibutuhkan berbeda-beda. Sumber artikel tes kimia dalam darah ini adalah thebody(dot)com. 

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger