Jenis Chat Room


Chat room merupakan sebuah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan synchronous conferencing (konferensi yang bersifat sinkron) antara seseorang dengan orang lain yang menggunakan internet. Istilah ini sangat sering digunakan untuk dunia komputer. Chat room banyak digunakan dalam online chat yang bisa digunakan secara gratis maupun prabayar.

Kebanyakan orang menggunakan applikasi chat gratis yang sudah tersebar banyak di internet. Biarpun aplikasi ini sangat banyak dan tersebar bagaikan jamur yang tubuh subur di tempat lembab, sebenarnya aplikasi chat ini hanya terbagi menjadi 4 menurut Dmitry Fedosev. Dmitry membaginya berdasarkan script yang digunakan untuk menyusus aplikasi chat room.

Keempat pengelompokan ini adalah:
  • Java : chat yang menggunakan Java script  bisa dibuka menggunalan semua browser bahkan bisa digunakan oleh handphone yang memiliki Java . Tetapi untuk menggunakan seorang user harus mengaktifkan setting browsernya untuk membaca Java.
  • Flash: chat yang menggunakan dukungan dari Macromedia Flash Player dari produk Adobe. Untuk menggunakannya, seorang user harus mendownload flash player dari halaman Adobe, jangan khawatir karena ini gratis.
  • IRC:  kepanjangan dari IRC adalah (Internet Relay Chat) yang bisa digunakan oleh lebih dari satu user.  User dapat berbicara dengan user lain melalui saluran pribadi ataupun forum. Cara menggunakan cukup gampang karena user perlu terhubung dengan server IRC yang diinginkan.
  • MIRC : program yang sudah didownload dan disimpan didalam komputer yang mempermudahkan user untuk menggunakan IRC tanpa perlu lagi membuka website IRC.

Selain keempat ini, kemungkinan ada lagi kelompok lain dengan nama yang berbeda. Perkembangan zaman mungkin akan menambahkan anggota baru untuk keluarga di atas –hm-

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger