Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit


Kartu kredit memang sebuah kartu ajaib yang dapat digunakan oleh kita untuk membeli berbagai barang. Bahkan kartu ini dapa memberikan potongan khusus pada event tertentu. Memang jika kartu ini digunakan dengan bijak, kita akan menerima berbagai keuntungannya. Namun jangan salah, sedikit saja kita kehilangan kendali dalam menggunakan kartu ini; kita akan terjebak dalam lingkaran hutang.

Kiat Aman Menggunakan Kartu Kredit

Daripada terjebak dalam hutang, ada baiknya kita terus mengingatkan diri bahwa kita harus bijak dalam menggunakan kartu kredit sebagai sarana transaksi. Berikut beberapa kiat dan tips dari pengalaman pribadi ditambah dengan pengalaman orang lain:

Membayar Tagihan Kartu Kredit

Ayo rajin bayar tagihan - Jangan pernah berpikir untuk tidak membayar tagihan. Pastikan setiap bulan ketika tagihan dari lembaga keuangan sudah datang, kita sudah mempersiapkan duit untuk membayarnya. Ada baiknya pas sudah terima gaji, langsung disisihkan khusus untuk pembayaran kartu ajaib ini. Mending bayar sekarang daripada nunggak – nunggak hingga dikejar sama dept collector kaya film shopaholic. Kalau endingnya happy kaya di film berarti untung kalau tidak, hidup makin melarat karena uang bakal habis bayar hutang.

kartu kredit
Bayar sesuai jumlah dan Tempo - Bayarlah sesuai jumlah tagihan kartu dan lebih baik lagi melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Ini dilakukan untuk menghindari bunga yang disebabkan keterlambatan pembayaran. Bunga keterlambatan itu cukup tinggi apalagi jika ditunggak untuk waktu yang lama. Tumpukan bunga yang semakin banyak berarti ngeluarin uang lebih banyak. Pilih mana, bayar bunga atau makan? Kalau pilih makan berarti kita harus bayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Transaksi dengan Kartu Kredit

Gunakan ketika Perlu bukan karena Ingin – maksudnya menggunakan jika perlu adalah hanya menggunakan credit card bila kita benar – benar perlu bukan karena ketika kita ingin beli ini dan itu. Batasi apa yang benar-benar perlu saja baru kita gunakan seperti beli satu tiket nonton gratis satu lalu pas kita ada jadwal nonton. Bukan karena ada diskon lalu kita pilih film entah itu bagus atau tidak.

Jangan lebih dari 30 – 50 persen – jangan pernah berpikir untuk menggunakan platform kartu kredit kita hingga habis. Batasi penggunaannya hanya pada taraf 30% - 50% dari platform yang diberikan pada kita. Contohnya: Platform kartu kredit si A adalah  Rp 3.000.000 (3 juta) maka peggunaannya dibatasi hingga Rp 900.000 – Rp 1.500.000 perbulan.

Gunakan reward poin – beberapa lembaga keuangan menawarkan reward poin untuk setiap transaksi kartu kredit yang dilakukan. Reward poin tersebut bisa digunakan untuk memotong total jumlah yang harus dibayar ketika transaksi dan pegundian hadiah.

Semoga kiat – kiat di atas bisa membantu. Oh, jangan lupa untuk membatasi jumlah kartu kredit yang dimiliki. Jumlah amannya adalah 1 hingga 2.  Semoga artikel info kartu kredit ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger