Delapan Cara Menjaga Kesehatan Vagina


Sudah banyak tips mengenai cara merapatkan vagina (Miss V), padahal bukan hanya kekencangannya saja yang perlu kita jaga tetapi juga kesehatan. Miss V merupakan bagian terpenting dari seorang wanita. Bagian ini membutuhkan perhatian yang lebih daripada bagian lainnya terutama untuk dalam hal “Kebersihan”.  Sayangnya, banyak wanita yang malu sehingga sangat jarang mendiskusikan hal ini dan melupakan bahwa bagian penting ini harus bersih.

Tips Menjaga Kebersihan Vagina

kesehatan vagina
  1. Kurangi konsumsi Gula. Apa hubungannya gula dan kebersihan Miss V? Gula ternyata dapat memacu pertumbuhan bakteri tidak baik dan menyebababkan iveksi pada Miss V. Miss V memang memiliki bakteri namun bakteri dari Gula membunuh bakteri Miss V yang baik sehingga terjadilah infeksi.
  2. Mulai konsumsi Yogurt. Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang mengadung bakteri baik bernama L.Acidophilus  dimana bakteri ini membantu tubuh memerangi kanker, tumor, kolesterol, bakteri jahat, jamur dan lainnya. Boleh dibilang Yogurt membantu tubuh membunuh bakteri jahat yang dapat menghancurkan kebersihan Miss V.
  3. Bersihkan bagian Miss V secara teratur. Pastikan setiap mandi, sediakan waktu khusus untuk membersihkan daerah penting ini. Pada saat membersihkan daerah penting ini, diharapkan tidak menggunakan pancuran. Bila memang hanya ada pancuran, gunakan pancuran dengan tekanan rendah. Bersihkan bagian luar saja, jangan bagian dalam karena bagian dalam Miss V ini punya sistem pembersihan sendiri.
  4. Hindari penggunaan sabun dan semprotan pewangi pada daerah Miss V. Hanya gunakan pembersih khusus untuk Miss V. Sabun dan semprotan pewangi akan meninggalkan kimia yang lambat laun akan berbahaya bagi Miss V. Bila menggunakan sabun, pastikan membilasnya hingga bersih.
  5. Rajin ganti pembalut pada saat haid. Pada saat haid, daerah Miss V akan semakin lembab dan menjadi daerah yang sangat pas sebagai tempat pertumbuhan bakteri. Senang tiasalah ganti pembalut agar Miss V tidak terlalu lembab. Setidaknya ganti 3 – 4 kali sehari.
  6. Gunakan Kondom pada saat berhubungan badan. Kondom selain menjaga agar tidak hamil juga berfungsi menjaga kebersihan dari Miss V.
  7. Kenakan celana berbahan katun (Cotton). Kain katun memiliki silkulasi udara yang baik. Biarkan Miss V tetap bernapas.
  8. Hindari cara mempercantik Miss V  seperti mengcukur, mewarnai, menempelkan permata, mentato dan hal berbahaya lainnya.

Delapan cara menjaga kesehatan vagina terlihat mudah namun banyak wanita yang melupakannya. Untuk amannya lagi, wanita diharapkan memeriksakan diri pada dokter spesialias Miss V untuk memastikan kesehatan vagina. Setidaknya setahun sekali. Sampai jumpa di artikel informasi kesehatan lainnya.

“Kesehatan Vagina Anda, hanya bisa dijaga oleh Anda sendiri” –hm-

1 komentar :

Kesehatan mengatakan...

ngapain cewek pake kondom?

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger