7 Cara Menurunkan Berat Badan

Berbagai cara menurunkanberat badan sudah dihadirkan untuk kita. Kita bisa memilih setelah menyesuaikannya dengan kesanggupan kita. Jadi tidak aneh bila setiap orang memiliki gaya diet yang berbeda – beda. Namun kita harus memastikan bahwa cara yang kita pilih tidaklah merugikan tubuh kita sendiri alias tidak memyakiti tubuh kita.

Cara Menurunkan Berat Badan

Berikut 7 cara menurunkan berat badan secara sehat:

Ubah Gaya Hidup
gendut
Kebiasaan / gaya hidup yang tidak sehat hanya akan membuat usaha diet kita gagal. Sebelum melakukan diet lebih lanjut, pastilkan kita bisa mengikuti gaya hidup diet yang kita jalankan dan bisa mempertahankannya untuk seterusnya. Bila tidak, kita hanya akan kembali ke gaya hidup lama dan mengemukan badan lagi. Pilihlah diet yang menawarkan gaya hidup sehat dan bisa dipraktekan untuk waktu yang lama (bertahun – tahun). Tidak ada salahnya menambahkan olahraga ringan seperti yoga, berlari atau bersepeda dalam gaya hidup baru Anda.

Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air putih merupakan monuman bebas kalori sehingga tidak mengemukan. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak, kita memastikan bahwa kandungan air dalam tubuh tercukupi dan membuat kita kenyang untuk beberapa waktu sehingga keinginan untuk nyemil berkurang.

Memperkecil Porsi Makanan Karbohidrat
Hindari mengkonsumsi  makanan karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, mie atau kentang dalam jumlah banyak. Makanan – makanan ini dapat membuat kita lebih cepat kenyang dan menyediahkan energi serta glycogen untuk tubuh. Glycogen yang masih sisa akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Konsumsi nasi, roti, pasta, mie atau kentang secukupnya saja.

Kurangi Konsumsi Gula
Saatnya mengurangi gula yang dikonsumsi perharinya. Konsumsi gula yang berlebihan dapat membuat lemak bertumpuk. Kalau bisa hanya konsumsi gula langsung dari buah – buah segar. Gula dari buah segar lebih sehat daripada gula pasir dalam bentuk apapun. Buah yang disarankan tentu buah segar bukan buah yang dikeringkan atau dijus.

cara menurunkan berat badan
Perbanyak Konsumsi Serat
Serat dapat membantu mempelancar sistem pencernaan kita. Sangat disarankan mengkonsumsi 25 – 35 gram serat per hari. Serat dapat menyerap air dan membantu tubuh agar kenyang untuk waktu lama. Makanan yang mengadung banyak serat adalah oatmeal, gandum, kacang, buah dan sayur. Sangat disarankan setengah dari keseluruhan makanan yang kita konsumsi perharinya adalah serat. Baru setengahnya nasi merah, daging dan telur.

Hindari mengkonsumsi Junk Food
Junk Food merupakanan makanan yang banyak mengandung minyak. Junk food hanya menawarkan kalori. Junk Food yang perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya adalah kentang goreng, keripik kentang dan makanan manis. Makanan seperti pizza, burger dan ayam goreng masih mengandung beberapa nutrisi yang berguna untuk tubuh sehingga masih boleh dikonsumsi sekali – kali.

Jangan Menggunakan Sistem Diet Ketat
Hindari cara diet yang langsung memotong konsumsi lemak kita. Diet yang memberikan hasil drastic dapat dengan mudah kita tinggalkan baik karena bosan atau terlalu berat untuk dijalankan. Percaya atau tidak, setelah beberapa hari meninggalkan gaya hidup diet ketat; tubuhkan akan sangat cepat mengemuk.


Saatnya memilih cara menurunkan berat badan yang tepat dan sehat.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger