Kesalahan Pemula Dalam Berinvestasi


Berita investasi ini berpusat pada kesalahan yang dilakuakan oleh para investor saham pemula yang baru menginjakan kaki di dunia investasi. Dunia investasi merupakan dunia yang penuh tantangan dan ketidakpastian. Seseorang harus jeli dan ekstra hati – hati dalam memilih investasi yang tepat terutama untuk investasi saham.

Investasi saham bisa diumpamakan sebagai permainan judi yang untung – untungan. Memang saat main saham hanya ada 2 kemungkin yaitu Untung dan Rugi namuan kerugian dalam investasi saham bisa membuat seseorang kehilangan segalanya. Untung menghindarinya, lebih baik baca beberapa kesalahan pemula yang bisa menyerumuskan seorang investor:
  • Sikap terburu-buru. Pingin cepat kaya sehingga menginvestasikan uang dnegan jumlah besar bukanlah langkah yang tepat. Lakukan dengan jumlah yang kecil dulu sehingga tidak terasa menyakitkan bila mengalami kerugian. Hal ini perlu diingatkan untuk orang yang menggangap dirinya jago atau sudah lama di dunia investasi agar tidak terjerumus juga.
  • Tidak menukar mata uang yang tepat saat membeli saham luar (saham asing). Saham perusahaan luar biasanya tidak  dijual menggunakan mata uang Indonesia (rupiah). Jangan memberikan rupiah pada broker bila mata yang digunakan adalah mata uang luar negeri.
  • Terbuai dengan keberhasilan sementara. Seseorang bisa berhasil dan gagal, ini tidak ada yang salah. Cuma manusia cukup lucu dalam menanggani masalah kegagalan dan kesuksesan. Saat sukses, banyak orang terbuai dan lupa dasar investasi yang baik (jumlah investasi tidak lebih dari setengah harta, jeli dan berhati-hati).
  • Mengikuti orang lain. Hati – hati saat mengikuti orang lain karena belum tentu orang lain yang diikuti itu betul. Daripada nanti menyalahan orang lain lebih mengasah insting investor yang akan membantu kegiatan investasi kedepannya.

Ke empat hal di atas merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik. Semoga berguna –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger