Memilih Tabungan Atau Asuransi Syariah

Tidak hanya tabungan yang menawarkan Syariah tetapi juga asuransi. Asuransi Syariah adalah tipe asuransi yang menggunakan nilai – nilai Syarih. Jadi boleh dibilang asuransi biasa berbeda dengan asuransi jenis Syariah.

Perbedaan Asuransi Biasa dan Syariah

Perbedaan dari kedua asuransi adalah
tabungan atau asuransi syariah
  • Misi asuransi Syariah berbeda dengan asuransi biasa. Bila misi asuransi biasa adalah misi ekonomi dan sosial maka asuransi jenis Syariah memiliki misi aqidah, ibada, ejonomi dan pemberdayaan umat.
  • Asuransi biasa tidak memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS).
  • Akad atau perjanjian asuransi biasa berdasarkan prinsip jual beli sedangkan Syariah atas dasar prinsip tolong menolong.
  • Keuntungan yang di dapat oleh asuransi jenis Syariah dibagi dengan anggotanya. Berbeda dengan asuransi biasa yang keuntunggannya hanya untuk perusahaan asuransinya saja.
Empat perbedaan ini yang paling mencolok. Sebenarnya masih ada perbedaan – perbedaan lain seperti cara mengelola dana, jenis risk yang ditawarkan dan lainnya.

Perbedaan Asuransi dan Tabungan Syariah

Asuransi dan tabungan pada umumnya memang sudah jelas – jelas beda. Hal ini juga berlaku untuk asuransi dan tabungan Syariah. Walaupun sama – sama menggunakan nilai Syariah, tetap saja berbeda. Hal yang sama bisa dibilang hanyalah sistem menjalankan bisnis asuransi dan perbankan mengikuti semua nilai – nilai Syariah, selebihnya asuransi dan tabungan Syariah berbeda.

Tabungan adalah proses menabung yang diibaratkan investasi langsung dengan membuka sebuah rekening tempat kita menyimpan uang. Investasi yang aman dimana kita tidak dihadapkan dengan risk. Tentu berbeda dengan asuransi. Asuransi adalah investasi keamanan dimana kita membayar premi setiap bulan sesuai dengan perjanjian awal. Bila tidak ada klaim, uang memang tetap dikembalikan kepada pemengan premi namun tidak banyak. Bila terjadi sesuai, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang sesuai premi yang berlaku kepada keluarga. Jadi Asuransi itu bukan tabungan melainkan jaminan.

Memilih antara Tabungan dan Asuransi Syariah

Lebih bagus memilih tabungan? Tidak juga karena jaminan jiwa dan kesehatan itu penting. Karena asuransi bisa kita klaim bila membutuhkannya dan asuransi yang akan membantu menanggung biaya perobatan kita. Waduh gimana kalau ingin dua-duanya? Sekarang sudah semakin mudah karena banyak perbankan yang menawarkan Tabungan plus Asuransi. Tidak aneh bila tabungan Syariah juga menawarkan paket asuransi.
Keuntungan dari paket tabungan dan asuransi yang disatukan ini adalah adanya jaminan untuk kelanjutan pembayaran setoran tabungan ketika nasabah wafat / meninggal dunia. Bisa dibilang, ahli waris dari nasabah akan mendapatkan tabungan yang sesuai dengan target awal kontrak nasabah. Ada paket yang tidak menawarkan pemberian satunan uang pertanggungan pada ahli waris tapi juga ada paket yang tetap memberikan satunan uang pertanggungan.

Pada saat menggunakan paket ini, nasabah tidak bisa mengambilnya uang yang ditabungnya kapan saja. Peraturan yang sama dengan tabungan berjangka. Biasanya harus minimal membiarkan pengenapan tabungan dan beberapa kali setoran, uang dari tabungan baru bisa diambil.

Memilih Paket Asuransi dan Tabungan

  • Dalam memilih paket tabungan dan asuransi, kita harus hati – hati karena service dan tangungan yang ditawarkan itu berbeda – beda. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan:
  • Lihat kebutuhan apa yang kita perlukan terlebih dahulu. Agar tahu kebutuhan apa yang diperlukan, kita harus menentukan tujuan dan menyiapkan perencanaan keuangan.
  • Pelajari produk – produk paket yang ditawari. Banyak bank atau asuransi yang menawarkan paket ini. Pelajari dari paket mereka. Lihat nilai plus dan kekurangannya untuk memutuskan yang terbaik.

Semoga artikel ini membantu –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger