Mengajak Orang Berbelanja Offline

Usaha toko online di Amerika tubuh dan merambah semua pihak hingga belanja online merupakan kegiatan sehari-hari. Beberapa orang bahkan memberi kebutuhan sehari-hari melalui toko online. Ini dikarenakan sekarang toko online sudah menjual berbagi kebutuhan hidup. Boleh dibilang era ini sudah seperti hidup dalam dunia online.

Boleh dibilang sejak adanya toko online, sekitar 80% penduduk Amerika lebih memilih belanja online daripada offline. Bahkan beberapa orang pergi ke toko offline seperti Best Buy hanya untuk mengecek barang dan harga agar mereka bisa membandingkannya dengan toko online. Kebanyakan orang yang sudah membandingkan barang dan harga ini akan membelinya secara online karena malas balik lagi.

Hal ini tentu sangat merugikan toko-toko offline Amerika. Untuk menarik para fans belanja online kembali ke toko mereka, mereka mencoba beberapa strategi. Berikut strategi yang digunakan:
belanja offline
  • Membuat website sebagai perpanjangan tangan (toko online) dimana pembeli bisa memilih dan memesan barang. Namun barangnya diambil sendiri oleh pembeli di tokonya yang lokasinya dekat pembeli untuk menghemat biaya kirim yang mahal. Misalnya seseorang belanja online di website WW, dia bisa mengambilnya di toko offline WW yang ada disekitarnya.
  • Meningkatkan servis purna jual. Beberapa toko elektronik, mebel, gadget, mobil dan motor memberikan layanan panggil untuk servis purna jual sehingga pembeli tidak perlu membawa barang yang perlu diperbaiki ke toko.
  • Servis baru yaitu tinggal, bayar dan ambil. Servis ini membuat para pembeli bisa meninggalkan list belanja mereka lalu membayar dan mengambilnya ketika barang sudah disiapkan oleh pelayan toko.
  • Strategi – strategi ini berhasil diciptakan karena mereka tahu bahwa dalam dunia bisnis yang terus berkembang ini tidak boleh melawan arus tetapi arus tersebut harus dirangkul. Strategi di atas ini boleh dibilang berhasil karena penjualan mereka semakin meningkat.
  • Servis antar barang pesanan hingga ke rumah pembeli. Pembeli bisa memesannya via online atau telp dan barangnya akan diantar oleh pegawai toko. Namun ini ada batas areanya. 
Namun tentu saja toko – toko online Amerika seperti Amazon tidak tinggal diam. Toko di dunia online bisa hidup karena kegiatan belanja online. Amazon bahkan meluncurkan servis pengiriman gratis untuk Amerika.
Semoga informasi ini membantu. –hm-

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger