Dalam bisnis hotel, customer service atau pelayanan
pelanggan merupakan salah satu servis yang sangat penting untuk menjadikan
suatu hotel sebagai the best hotel in Indonesia. Customer service yang baik terbukti dapat
meningkatkan kualitas serta pertumbuhan bisnis hotel. Sebaliknya, hotel dengan
costumer service yang buruk tentunya akan menghadapi penurunan baik dalam
kualitas maupun penadapatan. Karena, sangat penting bagi hotel untuk menjaga
customer service atau pelayanannya dengan baik.
Berikut ini beberapa cara untuk dapat memberikan customer
service hotel yang baik, di antaranya:
Perlakukan tamu
seperti teman
Sapalah setiap tamu dengan senyum yang ramah dan hangat,
anggaplah mereka sebagai seorang teman lama. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman.
Hafalkan nama tamu
Hafalkan nama tamu dan jangan membuat kesalahan ketika
menulis nama mereka. Tamu akan merasa lebih dihormati dan spesial ketika staf
hotel mengingat nama mereka. Karena itu artinya staf hotel memberikan perhatian
khusus pada mereka hingga bisa menghapal nama mereka.
Berikan pelayanan
sesuai atau lebih dari yang dijanjikan
Tamu pastinya memiliki ekspektaksi mengenai pelayanan yang
akan mereka dapatkan, dan hotel biasanya memberikan “janji-janji” mengenai
pelayanan. Maka sudah menjadi kewajiban hotel untuk bisa memberikan pelayanan
yang sesuai atau bahkan lebih dengan janji tersebut.
Memberikan informasi
dengan lengkap
Satu kata yang tidak ingin didengar oleh tamu hotel saat
bertanya adalah “Tidak tahu”. Karenanya, pastikan staf hotel, terutama petugas
front office dibekali dengan pengetahuan dan informasi hotel yang lengkap.
Tidak hanya mengenai hotel saja, namun juga mengenai lingkungan sekitar hotel,
seperti pusat perbelanjaan, daerah wisata, restoran, dan sebagainya. Staf hotel
biasanya menjadi orang pertama yang tamu tanya saat mencari informasi mengenai
hal tersebut.
Servis ekstra
Tanyakanlah mengenai liburan yang dilakukan oleh tamu hotel
dan temukan apa yang spesial dari liburannya. Misalnya saja tamu tersebut
menginap dalam rangka bulan madu, ulang tahun pernikahan, atau ulang tahun
anak, hotel harus bisa melihat apakah ada hal spesial yang bisa dilakukan untuk
tamu. Banyak hotel yang memberikan servis esktra secara cuma-cuma untuk event
spesial tersebut misalnya dengan memberikan gift basket, kartu, atau event
kejutan lainnya untuk tamu.
Pertumbuhan bisnis hotel bergantung pada tingkat kepuasan
pelanggan, dan kepuasan pelanggan tentunya bergantung pada servis atau
pelayanan yang diberikan oleh hotel. Karenanya, memberikan pelayanan atau
customer service yang baik harus menjadi prioritas utama suatu hotel. Selain customer service, masih banyak kriteria yang perlu dipenuhi untuk menjadi hotel terbaik di Indonesia. (raw)
0 komentar :
Posting Komentar