Bagaimana Memberikan Pelayanan Hotel yang Baik

servis hotel
Dalam bisnis hotel, customer service atau pelayanan pelanggan merupakan salah satu servis yang sangat penting untuk menjadikan suatu hotel sebagai the best hotel in Indonesia. Customer service yang baik terbukti dapat meningkatkan kualitas serta pertumbuhan bisnis hotel. Sebaliknya, hotel dengan costumer service yang buruk tentunya akan menghadapi penurunan baik dalam kualitas maupun penadapatan. Karena, sangat penting bagi hotel untuk menjaga customer service atau pelayanannya dengan baik.

Berikut ini beberapa cara untuk dapat memberikan customer service hotel yang baik, di antaranya:

Perlakukan tamu seperti teman
Sapalah setiap tamu dengan senyum yang ramah dan hangat, anggaplah mereka sebagai seorang teman lama. Dengan begitu, mereka akan merasa  nyaman.

Hafalkan nama tamu
Hafalkan nama tamu dan jangan membuat kesalahan ketika menulis nama mereka. Tamu akan merasa lebih dihormati dan spesial ketika staf hotel mengingat nama mereka. Karena itu artinya staf hotel memberikan perhatian khusus pada mereka hingga bisa menghapal nama mereka.

Berikan pelayanan sesuai atau lebih dari yang dijanjikan
Tamu pastinya memiliki ekspektaksi mengenai pelayanan yang akan mereka dapatkan, dan hotel biasanya memberikan “janji-janji” mengenai pelayanan. Maka sudah menjadi kewajiban hotel untuk bisa memberikan pelayanan yang sesuai atau bahkan lebih dengan janji tersebut.

Memberikan informasi dengan lengkap
Satu kata yang tidak ingin didengar oleh tamu hotel saat bertanya adalah “Tidak tahu”. Karenanya, pastikan staf hotel, terutama petugas front office dibekali dengan pengetahuan dan informasi hotel yang lengkap. Tidak hanya mengenai hotel saja, namun juga mengenai lingkungan sekitar hotel, seperti pusat perbelanjaan, daerah wisata, restoran, dan sebagainya. Staf hotel biasanya menjadi orang pertama yang tamu tanya saat mencari informasi mengenai hal tersebut.

Servis ekstra
Tanyakanlah mengenai liburan yang dilakukan oleh tamu hotel dan temukan apa yang spesial dari liburannya. Misalnya saja tamu tersebut menginap dalam rangka bulan madu, ulang tahun pernikahan, atau ulang tahun anak, hotel harus bisa melihat apakah ada hal spesial yang bisa dilakukan untuk tamu. Banyak hotel yang memberikan servis esktra secara cuma-cuma untuk event spesial tersebut misalnya dengan memberikan gift basket, kartu, atau event kejutan lainnya untuk tamu.

Pertumbuhan bisnis hotel bergantung pada tingkat kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan tentunya bergantung pada servis atau pelayanan yang diberikan oleh hotel. Karenanya, memberikan pelayanan atau customer service yang baik harus menjadi prioritas utama suatu hotel. Selain customer service, masih banyak kriteria yang perlu dipenuhi untuk menjadi hotel terbaik di Indonesia. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger