Beli oleh-oleh Khas Bali di Mana?

Dengan beragam hasil karya seni serta camilan nikmat khas Bali rasanya sangat sayang bila dilewatkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Di Bali sendiri banyak terdapat toko oleh-oleh yang bisa dengan mudah ditemukan, kita juga bisa bertanya pada staff hotel di Bali tempat kita menginap mengenai toko oleh-oleh yang paling dekat dengan hotel.

Berikut ini beberapa tempat khusus untuk membeli oleh-oleh khas Bali yang bisa menjadi pilihan ketika kita berkunjung ke Pulau Dewata, di antaranya:

Pasar Sukowati
oleh-oleh bali
Nama tempat ini pastinya sudah tidak asing lagi di kuping wisatawan Bali. Pasar Sukowati yang terletak di Kabupaten Gianyar, sekitar 20 km dari Denpasar, atau 30 menit dari Pantai Kuta ini menyediakan berbagai oleh-oleh khas Bali, terutama karya seni Bali yang lengkap. Mulai dari hasil kesenian, seperti seni patung, souvenir unik, kain khas Bali, dan pakaian dengan motif corak khas Bali bisa ditemui di sini. Keunggulan dari tempat ini adalah harganya yang masih bisa ditawa oleh pengunjung. Semakin pintar menawar, semakin murah kita bisa mendapatkan barang tersebut. Cocok untuk mereka yang memang pandai menawar harga barang.

Namun ada satu hal yang harus menjadi perhatian, yakni jangan menawar bila tidak benar-benar akan membeli barang tersebut. Ini karena kadang pemiliki toko akan merasa marah bila tawaran kita sudah diterima namun kemdian kita tidak jadi membelinya. Selain itu, tempatnya yang berada di luar ruangan membuat udara terasa gerah dan panas.

Joger
Bila kota Jogja memiliki “Dagadu”, maka Bali punya “Joger”. Sama seperti Dagadu, Joger “Pabrik Kata-kata” adalah toko T-shirt atau kaos dengan kata-kata yang nyeleneh dan lucu, yang kadang membuat gemas dan penasaran orang-orang yang membacanya. Toko Joger terletak di Jl. Raya Kuta dan Jl.Raya Bedugul, kedua toko ini biasanya akan penuh sesak dengan pengunjung pada musim liburan. Dibandingkan dengan harga kaos-kaos khas Bali di Pasar Sukowati, harga kaos di tempat ini memang lebih mahal, namun kualitas dan desainnya memang sudah terjamin dan memiliki nama di Indonesia. Selain kaos, Joger juga menjual pernak-pernik lain seperti gantungan kunci, stiker, tas, topi, jaket, dan lainnya, yang tetap memiliki ciri khas berupa kata-kata lucu di desainnya.

Pasar Seni Kumbasari
Pasar seni ini terletak di kota Denpasar, tepatnya di Jl. Gajah Mada. Berbeda dengan pasar seni Sukowati, Pasar Kumbasari terletak di gedung berlantai 4 yang lebih mewah dengan halaman parkir yang lebih luas. Di lantai dasar kita akan menemui jualan kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan lantai 2 hingga 4 baru dikhususkan untuk belanja oleh-oleh.

Krisna Bali, Erlangga Bali, dan Toko Agung
Ketiganya merupakan toko yang menjual oleh-oleh Bali dengan konsep yang sama, yakni satu tempat untuk semua jenis oleh-oleh. Mulai dari baju, kerajinan seni, hingga makanan oleh-oleh khas Bali bisa ditemui di tempat tersebut. Berbeda dengan pasar Sukowati dan Kumbasari, ketiga tempat ini terasa lebih nyaman karena berada di dalam ruangan ber-AC. Selain itu, dilengkapi juga dengan food court dan refresh area sehingga membuat pengunjungnya betah.

Nah, selamat berburu oleh-oleh di Bali. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger