Cara Menanam Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini
Ingin mengganti rumput sintesis di halaman rumah karena perawatannya yang ribet? Yuk, segera beralih ke rumput gajah mini! Yap, rumput gajah mini merupakan sejenis rumput gajah, hanya saja helai daunnya lebih kecil dan lebih rimbun jika dibanding rumput gajah. Rumput ini cukup populer di antara pecinta tanaman karena perawatannya yang mudah dan harganya yang terjangkau. Mau mulai menanam rumput ini? Bisa, kok! Apalagi sekarang ini sedang musim hujan sehingga ketersediaan airnya cukup banyak. Di halaman rumah Anda tidak tersedia tanah yang cukup banyak? Jangan khawatir, Anda bisa mengurug halaman rumah dan menambahkan tanah merah sebelum mulai menanam. Untuk cara lengkap menanam rumput gajah mini, bisa dibaca dalam langkah-langkah berikut:
tanam rumput gajah mini
  • Gemburkan tanah terlebih dahulu. Bisa dengan cara dicangkul dengan kedalaman lebih dari 10 cm dan ratakan kembali tanahnya setelah digemburkan. Jika tanah yang hendak ditanami terasa gersang dan tandus sehingga tidak menyatu, beri pupuk kandang agar tanahnya ternutrisi. Diamkan selama satu minggu hingga tanah berubah menjadi lebih gembur.
  • Beli rumput gajah mini pada tukang tanaman di sekitar rumah Anda. Harganya beraneka ragam dan sangat bervariasi, namun tetap ramah di kantong jika dibandingkan dengan rumput jepang atau rumput swiss. Beli secukupnya, sesuai dengan luas halaman rumah Anda.
  • Sobek rumput gajah mini yang sudah Anda beli menjadi bagian-bagian kecil dengan tinggi sekitar 3 hingga 5cm.
  • Selanjutnya adalah proses menanam. Dari potongan-potongan rumput gajah mini yang tadi sudah diselesaikan, bagi beberapa bagian dan tanam dengan pola zig-zag. Jangan dalam bentuk lurus karena nantinya akan tidak maksimal. Agar benar-benar melekat pada tanah, usahakan untuk menekan (tapi jangan terlalu keras) bagian rumput gajah mini yang ditanam.
  • Beri bubuk urea agar pertumbuhannya lebih pesat. Namun demikian, pemupukan baiknya dilakukan ketika rumput gajah mini selesai ditanam. Jangan lupa untuk disirami setiap pagi dan sore hari.
  • Jaga agar halaman yang sedang ditanami rumput gajah mini tidak diinjak-injak selama proses penanaman.
Nah, ternyata menanam rumput gajah mini di halaman rumah tidak terlalu rumit, kan? Selamat mencoba, ya!

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger