Update Algoritma Google di Kuarter I Tahun 2015


Algoritma google merupakan hal yang tidak asing lagi di dunia SEO Indonesia dan tentu saja di SEO belahan dunia manapun. Algoritma berfungsi sebagai “filter” Google dalam memunculkan hasil pencarian yang paling relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Google biasanya akan melakukan pembaruan atau update pada algoritma-algoritma ini secara berkala. Algoritma yang biasanya memiliki namanya masing-masing ini akan diumumkan melalui halaman resmi Google setiap akan dilakukan update. Namun kadang ada juga update yang terjadi tanpa ada pemberitahuan.

Selama setahun, Google bisa melakukan beberapa kali update untuk algoritma yang berbeda-beda. Pada tahun 2014 lalu saja Google melakukan selitar 15 update pada algoritmanya. Pada tahun 2015 ini sendiri, di kuarter pertama atau hingga bulan April lalu, Google telah melakukan dua update untuk algoritmanya.

Algoritma tak bernama (4 Februari 2015)

Algorithma Google
Update yang dilakukan Google ini tidak memiliki nama khusus. Google bahkan tidak memberikan pengumuman sebelumnya mengenai adanya pembaruan algoritma ini. Perubahan ini sangat terasa pada website-website brand dan e-commerce yang sempat mengalami lonjakan rangking. Beberapa website yang tadinya tidak memiliki ranking tiba-tiba kembali ke halaman pencarian Google. 
Sementara beberapa rangking untuk  kata kunci yang berhubungan dengan e-commerce juga mengalami fluktuasi posisi. Website-website dengan kata kunci tersebut bisa saja berada di posisi 1, kemudian turun ke posisi 5 hingga 9 dan akhirnya hilang sama sekali.

Algoritma Mobile-Friendly, Mobilegeddon (22 April 2015)

 Akhir April lalu Google melakukan update di luar algoritma yang sudah ada. Algoritma yang tadinya dikeluarkan tanpa nama ini berpengaruh pada pencarian google melalui mobile seperti pada smartphone atau gadget lainnya. Karena itulah, akhirnya update ini dinamakan dengan Mobilegeddon, gabungan dari kata mobile dan armageddon (kiamat). Update ini benar-benar “memporak-porandakan” rangking dari website-website yang belum mobile-friendly. Penurunan visitor dari mobile pun terlihat sangat signifikan. Untungnya, sebelum resmi mengeluarkan update ini, Google melalui Webmaster-nya telah lebih dulu memperingatkan para webmaster untuk memperbaiki website mereka yang dianggap belum mobile-friendly. Selain itu, Google juga memberikan halaman khusus untuk mengecek apakah suatu website sudah mobile friendly atau belum seklaigus memberitahukan bagian mana saja yang harus diperbaiki.

Kira-kira update apa lagi yang akan dikeluarkan oleh Google? Kita tunggu saja sampai akhir tahun nanti. (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger