Film Indonesia yang Berhasil Menembus Pasar Internasional


Berbagai hasil karya Indonesia mulai diperkenalkan secara internasional baik itu furniture, lukisan, ukiran ataupun film. Memang produksi film Indonesia belum sebanyak internasional dan film Indonesia banyak menuai kritik dari dalam negeri, namun tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa film hasil karya anak bangsa Indonesia berhasil menembus pasar internasional. Apa saja film yang berhasil menembus pasar internasional? Berikut beberapa judul: 

Film Ayat-ayat Cinta

Film Ayat-ayat Cinta
FilmAyat-ayat Cinta merupakan film Indonesia pertama yang berhasil mengalahkan rekor penonton Titanic di bioskop Indonesia. Berapa emangnya jumlah penonton film Ayat-ayat Cinta? 3,8 juta orang. Film ini adalah karya sutradara Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari dari novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama. Film ini dikeluarkan MD Picture pada tahun 2008 ke pasaran. 

Pemutaran film ini tidak hanya marak di bioskop-bioskop Indonesia saja tetapi beberapa negara luar. Pada tanggal 24 Maret 2008, pemutaran serentak dilakukan di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Malaysia. Bahkan di Malaysia, film Ayat-ayat Cinta berhasil menarik minat 1,5 juta penonton. Selain negara Asia Tenggara, beberapa negara lain yang juga menayangkan film Ayat-Ayat Cintah adalah Inggris, Belanda, Kanada, Jerman, Taiwan, Hongkong, Korea, Jepang dan India. Mereka sampai-sampai belain ke Indonesia untuk membeli hak siar film Ayat-ayat cinta.

Film Laskar Pelangi

film laskar pelagi
Film yang dirilis pada tahun 2008 merupakan adaptasi dari buku karya Andrea Hirata. Yang menyutradarai film ini adalah Riri Riza. Berkat film ini, Riri Riza barhasil meraih penghargaan nasional maupun internasional. Film layar lebar yang sangat menyentuh hati ini menarik minat penonton dari berbagai negara.

Film Laskar Pelangi pernah diputar di Asian Film Festival 2009 yang diadakan di Spanyol. Selain tu, film ini juga pernah ditayangkan di Singapore Internasional Film Festival 2009, 11th Udine Far East Film Festival di Italia dan Los Angeles Asian Pacific Film Festival 2009 di Amerika.

Selain sutradara yang mendapatkan penghargaan, film Laskar Pelangi berhasil meraih penghargaan Internasional pada acara The Golden Butterfly Award di International Festival of Films for Children and Young Adults di Iran.

Film The Raid

Film The Raid
Film aksi seni bela diri ini disutradarai oleh Gareth Evans diedarkan ke pasaran pada tahun 2011. Film ini menghebokan bukan hanya dunia perfilm Indonesia namun internasional. The Raid berhasil mendapatkan sambutan luar biasa pada penayangan perdananya di Hollywood. Selain Amreika, film ini di juga ditanyangkan di Kanada dan Australia. Selain ditayangkan di luar negeri, film ini juga banyak mendapatkan penghargaan di ajang internasional seperti acara Cadillac People’s Choice Award di Toronto International Film Festival 2012 dan the Best Film di Jameson Dublin International Film Festival 2012.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger