Pentingnya Mengetahui Fungsi Masker Pelindung


Cuaca semakin tidak menentu membuat tubuh kita gampang sekali sakit. Tidak ada orang yang suka sakit, oleh sebab itu kita menggunakan berbagai cara untuk memastikan daya tahan tubuh tetap prima seperti menyediakan masker pelindung yang merupakan salah satu alat kesehatan yang mesti ada di rumah. Akhir-akhir ini, kita bisa melihat semakin banyaknya penjual masker di jalan-jalan kota besar. Hal ini menunjukan bahwa masyrakat semakin sadar akan pentingnya masker pelidungan

Mungkin beberapa dari kita masih bertanya-tanya, apakah masker pelindung memang bisa melidungi kita dari debu, virus dan bakteri yang ada diudara? Untuk menjawagnya mari kita cek jenis dan fungsi masker pelindung di bawah ini:

Masker Bedah (surgical mask)

masker bedah
Masker bedah merupakan maskter yang paling umum dan banyak digunakan. Pada umumnya, masker ini memiliki sisi depan yang berwarna hijau dan sisi belakang yang berwarna putih. Masker ini disebut masker bedah karena masker ini merupakan masker yang sering digunakan pada saat operasi. Namun saat ini, masker ini sudah banyak diperdagangkan dan digunakan juga oleh khalayak ramai.

Fungsi dari masker ini adalah menghalangi cairan dari mulut atau hidung menkontaminasi sekeliling karena masker ini dibuat untuk menjebak virus atau bakteri yang keluar dar mulut atau hidung. Jika bukan untuk melakukan operasi atau kita bukan orang sakit, sangat disarankan untuk tidak menggunakan masker ini.  Namun jika tetap mau menggunakannya, sangat disarakan untuk menganti masker bedahini beberapa kali selama sehari untuk memastikan virus atau bakteri yang terperangkap dalam pori-pori  masker tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Masker Respirator N95

masker n95
Masker Respirator N95  memiliki bentuk yang lebih tertutup dibandingkan masker bedah sehingga orang yang tidak biasa menggunakan masker ini pasti akan merasa gerah. Seperti namany N95, masker ini dapat menyaring hingga 95% ketika kita menghirup udara. Pada umumny bahan dari masker ini lebih solid daripada masker bedah dan tidak mudah rusak.

Fungsi dari masker ini adalah menyaring udara untuk memastikan udara yang masuk ke paru-paru adalah udara yang sehat dan bersih. Secara singkat masker ini diciptakan untuk orang sehat. Biasanya masker ini digunakan oleh tenaga kesehatan ketika menanggani penyakit infeksi atau menular. Kekurangan dari masker ini adalah harganya yang relatif mahal dan susah didapatkan.

Masker Kain

masker kain
Bila 2 masker di atas dikeluarkan oleh dunia medis, untuk yang satu ini (masker kain) agak berbeda. Masker kain merupakan ide yang bukan datang dari dunia medis. Dikarenakan bahan dasarnya dari kain, masker ini lebih tertutup daripada masker bedah namun masih kalah dengan masker respirator N95.

Makser kain bisa menyaring debu selama berpergian baik itu berjalan kaki atau naik motor. Masker kain memiliki berbagai bentuk dari masker pengendara motor sampai masker kecil yang hanya digunakan untuk menutupi hidung dan mulut. Karena masker ini terbuat dari kain,  sangat disarankan untuk dicuci setiap kali selesai pemakaiannya.
Jadi setiap masker yang kita kenal memiliki fungsi yang berbeda, Ada baiknya mengenakan masker menyesuaikannya dengan keadaan dan kondisi tubuh. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger