Kiat Perawatan Kendaraan Mobil

Perawatan kendaraan diperlukan agar mobil yang dimiliki bisa bertahan lama. Perawatan bisa dilakukan dengan bantuan orang lain atau diri sendiri. Dengan perawatan yang rutin / teratur bahkan mobil tua sekalipun bisa terlihat baru. Berikut beberapa kiat perawatan yang diperlukan:
  • Cuci mobil secara rutin setidaknya sebulan sekali. Mencuci mobil berarti membersihkan mobil dari kotoran, garam, serta debu yang menempel. Masalah yang paling perlu diperhatikan adalah garam. Garam yang biasanya dibawa oleh hujan bisa membuat badan mobil berkarat.
  • Gunakan air bersih. Hindari penggunaan air hujan, laut dan sumur. Kita tidak tahu berapa banyak garam yang terkandung didalamnya jadi lebih baik menghindarinya.
  • Gunakan air seprot dengan tekanan tinggi untuk membersihkan saluran air dan bagian lain yang susah dicapai oleh tangan.
  • Jangan lupa membersihkan bagian bawah mobil karena bagian bawahlah yang paling sering bertemu dengan debu, genangan air serta lumpur. Bila dibiarkan lama kelamaan bagian bawah akan berkarat dan merusak kinerja mobil karena bagian bawah mobil terdapat bagian – bagian penting yang mengerakkan mobil.
  • Buka penutup kap depan dan buah sampah yang ada didalamnya secara rutin. Pada musim kemarau atau pancaroba, banyak daun yang berguguran. Kadang-kadang daun-daun kering tersebut akan masuk dan terselip di bagian kap depan mesin mobil.
  • Lapisi bodi serta bagian bawah mobil secara rutin dengan anti karat. Sekarang sudah banyak produk anti karat mobil dan salah satunya adalah Otogard. Otogard tidak hanya menyediahkan produk anti karat tetapi juga jasa pengaplikasian anti karat. Penglapisan ini tidak akan bertahan seumur hidup (tidak ada yang produk yang begitu) jadi lakukan penglapisan setahun atau setengah tahun sekali.
  • Lakukan wax dengan teratur. Wax dapat menutupi goresan – goresan harus pada bodi, melindungi cat agar tidak pudar dan membuat mobil Anda tetap mengkilap. Wax bisa dilakukan sendiri karena pasar sudah banyak menjual produk wax untuk perawatan kendaraan mobil. Wax ini harus dilakukan secara rutin. Setidaknya 1 bulan sekali setelah mencuci dan mengerikan mobil Anda.
  • Bila mobil kena pup burung, langsung semprot dengan air baru bersihkan dengan spon yang sudah dicelup ke air sabun. Bila ternyata pup itu sudah mengering, siram air bersih atau air sabun agar dia melunak dan terlepas – baru dibersihkan dengan spon bersabun.

Semoga informasi ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger