Meningkatkan Produksi Asi

Meningkatkan asi telah menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi orang para ibu. Mungkin ada juga beberapa ibu muda yang mengangap asi tidak penting karena adanya makanan bayi lain yag bisa menjadi penganti seperti susu formula dan bubur bayi. Padahal asi merupakan makanan pertama dan terpenting bagi bayi. Dari asilah, bayi dapat tubuh dengan sehat karena asi memiliki semua yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

Dalam meningkatkan asi, seorang ibu harus menghindari:
Meningkatkan Produksi Asi
  • Asap rokok mengandung setidaknya 3000 bahan kimia yang beracun bagi tubuhdan dapat menghambat tubuh seorang ibu dalam memproduksi asi. Apalagi bila ternyata ibu yang sedang menyusui tersebut adalah perokok pasi karena perokok pasif menghisap lebih banyak kandungan kimia yang ada pada rokok daripada perokok aktif.
  • Pengkonsumsian alkohol tidak begitu mempengaruhi ibu dan produksi asi namun berpengaruh pada pertumbuhan bayi. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh The American Academu of Pediatrics Committee on Drugs,  alkohol akan membuat bayi lebih cepat ngantuk, tidur dalam waktu yang lama, tubuh yang cepat lemas, pertumbuhan terhambat, sakit organ hati akut dan reflek mengisap asi yang semakin berkurang.
  • Obat-obatan yang dikonsumsi si ibu, nantinya juga akan dikonsumsi oleh anak melalui cairan asi yang dihasilkan si ibu sehingga disarankan ibu tidak sembarangan mengkonsumsi obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.
  • Stress adalah suasana hati tertekan serta cemas. Suasana hati ini sangat menganggu produksi asi. Stress membuat tubuh tidak berkerja dengan baik jadi tidak heran bila beberapa orang yang stress sering menggunakan makanan atau kegiatan shopping. Agar tidak stress, disarankan ibu untuk melakukan yoga, jalan pagi, tarik napas dalam-dalam dan mengalihkan pikiran.

Makanan Untuk Meningkatkan Asi

Beberapa makanan yang dapat membantu ibu meningkatkan produksi asi adalah
  • Daun katuk yang dikenal mengandung vitamin A, B1, C, zat besi, protein dan kalium yang baik untuk tubuh ibu dan memperbanyak asi.
  • Kacang almond merupakan cemilan sehat yang mengandung banyak zat kalsium.
  • Pare dikenal sebagai sayuran pahit yang banyak mengandung anti oksidan dan mineral lain yang mempelacar asi.
  • Kacang hijau memenuhi kebutuhan tubuh ibu akan protein agar tubuh ibu bisa memprodusi asi.
  • Bayam tidak hanya membantu meningkatkan asi tetapi juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh sang bayi.

Semoga artikel meningkatkan produksi bayi ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger