Tips Memilih Pick Gitar Akustik dan Listrik

Tidak sedikit orang yang mengganggap remeh pick gitar. Padahal instrumen imut ini merupakan elemen yang penting dalam bermain gitar, baik gitar akustik maupun gitar listrik. Pick gitar biasanya digunakan untuk mmemainkan berbagai teknik memetik gitar seperti slapping, tapping, dan flamenggo. Karenanya, memilih pick gitar ini pun tidak boleh sembarangan, terutama bagi mereka yang masih pemula dalam bermain gitar.

Berikut ini bebraepa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih gitar akustik, di antaranya:
pick gitar
Ukuran pick
Ukuran pick yang ada di pasaran ini beragam, mulai dari yang super tipis yakni di skitar 0.44 mm hingga yang tebal hingga yang lebih tebal yakni di atas 1,5 mm. Pemilihan ketebalan pick ini sangat penting karena tebal tipisnya pick gitat berpengaruh pada dinamika yang dihasilkan. Pick yang tebal, yakni 1 mm ke atas dianggap yang terbaik karena lebih stabil di tangan, sehingga lebih mudah mengatur dinamikanya. Sementa untuk lebar pick, tidak berperngaruh pada suara yang dihasilkan. Cobalah beragam ukuran pick gitar yang ada dan pilihlah yang paling nyaman di tangan.

Bahan pick gitar
Bahan pick gitar saat ini sudah sangat beragan mulai dari besi, plastik, fiber, kaca, hingga cangkang kura-kura. Pemilihan bahan pick ini bisa disesuaikan dengan gaya permainan masing-masing. Misalnya saja pick berbahan alumunium atau besi memiliki attack yang lebih tajam dibandingkan dengan ahabn lainnya. Sedangkan pick dari bahan plastik, fiber, dan sejenisnya memiliki attack yang lebih lembut dan mirip-mirip. Intinya semakin keras bahan pick semakin jelas nada yang dihasilkan. Beda lagi dengan mereka yang memiliki tangan yang berkeringat, disarankan untuk memilih pick berbahan karbon agar tidak mudah terlepas karena licin.

Gaya bermusik
Style atau gaya memainkan musik juga harus menentukan pemilihan pick ini. Semakin berat atau tebal suara yang ingin dihasilkan maka semakin berat dan tebal juga pick yang dipilih. Misalnya saja pemain gitar heavy metal akan lebih menyukai menggunakan pick dengan ketebalan 1,5 mm atau lebih.

Bentuk pick
Seiring dengan pperkembangan jaman, bentuk pick gitar pun mengalami perkembangan. Pick gitar tidak hanya berbentuk huruf V saja namun juga beragam desain seperti gigi hiu, pentagon, hingga yang memiliki lubang yang dimaksudkan untuk kemudahan memegangnya. Meski begitu, bentuk dan desain ini tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan bentuk yang biasa. Jadi pilihlah yang paling nyaman dan enak digenggam oleh tangan.


Jadi, sudah tahu pick gitar mana yang akan menemani gitar akustik atau listrik di rumah? (raw)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger