Masalah yang di hadapi Sistem MLM

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan dan mendistribusikan produk atau jasanya. Jika dilihat dari sistem kerjanya, MLM akan berbentuk seperti cabang-cabang pohon yang dapat terus berkembang. Semakin besar jaringannya, sistem ini akan menjadi semakin rumit, untuk itulah banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini juga menggunakan software MLM untuk mengontrol seluruh jaringannya.

Sistem kerja MLM yaitu, misalkan ada orang A yang memasarkan produk suatu perusahaan. Orang A tersebut biasanya bukan merupakan karyawan dari perusahaan tersebut, tapi bisa dikatakan mitranya. Orang A tersebut bertugas memasarkan produk sekaligus mencari orang baru yang juga akan memasarkan produk tersebut, misalkan saja orang B. Maka orang A akan bertindak sebagai Upline, dan orang B akan menjadi downline dari orang A. Saat downline ini berhasil memasarkan produk atau berhasil mendapatkan orang baru, maka upline akan mendapatkan keuntungan.

Sistem ini cukup efektif dan hemat bagi perusahaan, karena perusahaan hanya akan memberikan fee pada mitranya sesuai dengan jumlah produk yang terjual, sehingga akan lebih menghemat biaya. Selain itu dengan sistem ini, memungkinkan jaringan pemasaran yang tersebar luas, karena orang akan terus berusaha menjaring orang-orang baru untuk menjadi downline nya karena dengan terus bertambahnya downline maka akan semakin menguntungkan orang tersebut. Namun dibalik semua keuntungan tersebut, sistem MLM ini juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

Sistem yang tidak bekerja dengan baik
Ketika mitra perusahaan ini terus memperluas jaringannya, maka pemasaran produk ini akan menjadi semakin luas. Namun jika perusahaan tidak memiliki pengelolaan yang baik untuk sistem ini, memungkinkan terjadinya masalah. Daftar upline dan downline akan menjadi berantakan, bahkan bisa memungkinkan orang yang bukan bertindak sebagai mitra membeli langsung produk ke perusahaan dengan harga mitra yang biasanya diberikan harga lebih murah. Untuk mengatasi hal ini, mulai banyak perusahaan yang mempercayakan pengelolaan sistem MLM nya dengan menggunakan Software MLM.

Hukum MLM dalam islam

Tidak bisa dipungkiri pro kontra mengenai hukum MLM dalam agama islam juga berpengaruh pada keberhasilan sistem ini. Mulai banyak orang terutama yang beragama islam ragu untuk tergabung dalam sistem ini karena mulai banyak yang menyatakan bahwa sistem ini haram hukumnya.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger