Salah satu faktor penting bagi sebuah online shop yaitu jasa pengiriman
yang digunakannya. Ada beberapa online shop yang harus menggunakan jasa pengiriman express,
biasanya hal ini disebabkan oleh jenis barang yang dijual bukan jenis yang awet
atau tahan lama, sehingga membutuhkan waktu yang cepat untuk sampai ketangan
konsumen.
Jasa pengiriman yang digunakan oleh sebuah online shop juga sangat
berperan penting dalam hal menumbuhkan kepercayaan bagi konsumen. Lagi pula pengiriman barang sekarang semakin mudah. Karena itu
ada beberapa hal yang diperhatikan oleh sebuah online shop dalam menentukan
jasa pengiriman yang akan digunakannya:
Waktu pengiriman
Untuk beberapa produk, seperti online shop yang menjual kue yang tidak
dapat bertahan lama, mereka akan mengirimkannya dengan jasa pengiriman express
agar cepat sampai ke konsumen. Dengan menggunakan jasa express artinya biaya
yang dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan dengan jasa yang biasa, karena
itulah jasa yang digunakan haruslah benar-benar bisa dipercaya.
Waktu pengiriman barang ke konsumen akan sangat berpengaruh terhadap
kepercayaan konsumen pada online shop tersebut. Tidak jarang ketika terjadi
keterlambatan pengiriman karena pihak ekspedisi, konsumen akan mulai meragukan
onlineshop tersebut.
Harga
Untuk pengiriman jarak dekat, beberapa jasa pengiriman menawarkan harga
yang relatif sama, namun untuk pengiriman jarak jauh biasanya online shop akan
membandingkan setiap jasa pengiriman yang mungkin akan digunakan. Dari hasil
perbandingan itu, beberapa onlineshop akan menyerahkan pilihannya kepada
konsumen. Karena jasa pengiriman yang menawarkan harga lebih murah seringkali
memiliki waktu pengiriman yang lebih lama.
Proses Pengiriman
Ada beberapa barang yang sangat sensitif terhadap kerusakan selama
proses pengiriman, misalkan makanan dan barang elektronik. Untuk kasus ini ada
beberapa jasa pengiriman yang menawarkan pengemasan khusus agar barang tersebut
aman sampai ke tangan konsumen.
Tanggung jawab
Hal ini juga menjadi pertimbangan online shop dalam memilih jasa
pengiriman. Jasa yang dipilih haruslah mudah di hubungi saat terjadi hal yang
tidak diinginkan, misalkan saat terjadi keterlambatan pengiriman konsumen harus
bisa dengan mudah mengecek status keberadaan barang tersebut. Atau saat terjadi
hilangnya barang saat proses pengiriman sejauh mana jasa tersebut mau untuk
bertanggungjawab mengganti kehilangan tersebut.
Jaringan
Jasa pengiriman yang memiliki jaringan yang tersebar luas bisa menjadi
indikator bahwa perusahaan ini memiliki kualitas yang baik sehingga mampu
bertahan dan terus mengembangkan jaringannya. Selain itu, biasanya mereka akan
menentukan tarif lebih murah.
0 komentar :
Posting Komentar