Menentukan Jasa Pengiriman untuk Online Shop

pengiriman barang
Salah satu faktor penting bagi sebuah online shop yaitu jasa pengiriman yang digunakannya. Ada beberapa online shop yang harus menggunakan jasa pengiriman express, biasanya hal ini disebabkan oleh jenis barang yang dijual bukan jenis yang awet atau tahan lama, sehingga membutuhkan waktu yang cepat untuk sampai ketangan konsumen.

Jasa pengiriman yang digunakan oleh sebuah online shop juga sangat berperan penting dalam hal menumbuhkan kepercayaan bagi konsumen. Lagi pula pengiriman barang sekarang semakin mudah. Karena itu ada beberapa hal yang diperhatikan oleh sebuah online shop dalam menentukan jasa pengiriman yang akan digunakannya:

Waktu pengiriman
Untuk beberapa produk, seperti online shop yang menjual kue yang tidak dapat bertahan lama, mereka akan mengirimkannya dengan jasa pengiriman express agar cepat sampai ke konsumen. Dengan menggunakan jasa express artinya biaya yang dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan dengan jasa yang biasa, karena itulah jasa yang digunakan haruslah benar-benar bisa dipercaya.

Waktu pengiriman barang ke konsumen akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen pada online shop tersebut. Tidak jarang ketika terjadi keterlambatan pengiriman karena pihak ekspedisi, konsumen akan mulai meragukan onlineshop tersebut.

Harga
Untuk pengiriman jarak dekat, beberapa jasa pengiriman menawarkan harga yang relatif sama, namun untuk pengiriman jarak jauh biasanya online shop akan membandingkan setiap jasa pengiriman yang mungkin akan digunakan. Dari hasil perbandingan itu, beberapa onlineshop akan menyerahkan pilihannya kepada konsumen. Karena jasa pengiriman yang menawarkan harga lebih murah seringkali memiliki waktu pengiriman yang lebih lama.

Proses Pengiriman
Ada beberapa barang yang sangat sensitif terhadap kerusakan selama proses pengiriman, misalkan makanan dan barang elektronik. Untuk kasus ini ada beberapa jasa pengiriman yang menawarkan pengemasan khusus agar barang tersebut aman sampai ke tangan konsumen.

Tanggung jawab
Hal ini juga menjadi pertimbangan online shop dalam memilih jasa pengiriman. Jasa yang dipilih haruslah mudah di hubungi saat terjadi hal yang tidak diinginkan, misalkan saat terjadi keterlambatan pengiriman konsumen harus bisa dengan mudah mengecek status keberadaan barang tersebut. Atau saat terjadi hilangnya barang saat proses pengiriman sejauh mana jasa tersebut mau untuk bertanggungjawab mengganti kehilangan tersebut.

Jaringan

Jasa pengiriman yang memiliki jaringan yang tersebar luas bisa menjadi indikator bahwa perusahaan ini memiliki kualitas yang baik sehingga mampu bertahan dan terus mengembangkan jaringannya. Selain itu, biasanya mereka akan menentukan tarif lebih murah.

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger