Perbedaan Rumput Futsal dengan Rumput Sintetis Taman

Banyak orang yang hanya tahu, bahwa rumput sintetis adalah rumput buatan yang digunakan sebagai pengganti rumput asli, dan umum digunakan di lapangan futsal. Tidak salah memang, sebab rumput ini memang paling umum ditemukan di lapangan tersebut. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak masyarakat yang mulai mengembangkan fungsi rumput ini untuk keperluan pribadi, misalnya saja untuk pengganti rumput asli di taman rumahnya.
rumput sintetis

Ketika rumput sintetis dialih fungsikan untuk taman, masih banyak yang mengira bahwa jenis yang digunakan sama dengan rumput pada lapangan futsal, ataupun rumput untuk keperluan lainnya. Sehingga, mereka cenderung mencari secara asal yang penting harganya murah dan terlihat bagus. Padahal, sebenarnya rumput sintetis ini memiliki beberapa jenis sesuai fungsinya loh. Berikut ini penjelasannya:

Lapangan futsal

Rumput sintetis yang digunakan untuk lapangan futsal, cenderung memiliki tekstur yang kasar dan tidak mudah rusak. Bahkan, tidak jarang seseorang akan mengalami luka gores yang cukup serius ketika terjatuh di atasnya. Hal ini disebabkan karena yang lebih diperhatikan dalam pembuatan rumput untuk keperluan ini adalah faktor kekuatan.
Rumput harus cukup kuat karena banyak orang yang akan secara aktif berlari di atasnya. Terlebih lagi, terkadang mereka akan berlari dengan kecepatan tinggi, berhenti tiba-tiba, dan menendang. Jika kualitas rumpur tidak cukup kuat, maka dijamin dalam waktu singkat rumput akan terkikis dan akan mudah rusak. Selain itu, untuk rumput ini juga tidak bisa dipasang secara sembarangan. Pemasangan harus benar-benar rapi, kuat dan rata. Hal ini penting, sebab berkaitan dengan keamanan pemain saat berlari di atasnya.

Taman

Untuk rumput sintetis ini, justru memiliki sifat yang berlawanan dengan rumput untuk lapangan futsal. Biasanya rumput untuk taman akan memiliki tekstur yang halus dan lembut, meskipun mungkin tidak sehalus rumput asli. Ukuran rumputnya juga beragam, sesuai dengan desain taman yang diinginkan. Dalam proses produksi atau pembuatannya, keindahan merupakan faktor utama yang diperhatikan. Bahkan, pihak produsen melengkapinya juga dengan anti UV yang berfungsi untuk memperlambat proses pemudaran warna akibat sinar matahari.
Sama halnya dengan poin pertama, rumput sintetis untuk taman juga perlu diperhatikan pemasangannya. Namun, hal ini disebabkan karena pemasangan yang salah akan membuat keindahan taman menjadi berkurang. Selain itu, jika rumput dipasang di luar ruangan, akan membuat air tidak dapat mengalir sempurna jika terjadi kesalahan pemasangan. Akibatnya, air akan menggenang di atas rumput ini. (Vita)

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger