Makanan Bagi Penderita Brain Tumor & Cancer

Brain tumor and cancer merupakan salah satu jenis kanker dan tumor yang sangat berbahaya. Yah, walaupun sebenarnya semua jenis kanker dan tumor pasti berbahaya sih tapi ini berhubungan dengan otak. Bayangkan saja gimana rasanya di dalam otak ada sebuah jaringan yang ingin memangsa Anda. Pastinya menakutkan banget.

Sejalan dengan perkembangnya dunia kedokteran, berbagai cara, alat dan obat diciptakan untuk memerangi penyakit ini. Bahkan beberapa penelitian menunjukan bahwa pola makan juga membantu dalam pengobatan penyakit brain tumor and cancer. Berikut makanan yang harus dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita:

Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita brain tumor and cancer

  • Lemak baik seperti omega 3 yang bisa ditemukan pada minyak zaitun, biji rami dan ikan  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan dan pembengkakan. Asam lemak omega 3 dalam dalam mereka juga dapat mengurangi perlawanan tumor terhadap terapi. Selain ke-3 makanan ini, lemak baik juga bisa ditemukan pada alpukat dan kacang -kacangan.
  • Serat merupakan salah satu asupan yang harus terus dikonsumsi oleh penderita brain tumor and cancer. Serat bisa menurunkan tingkat sembelit, kolesterol dan gula darah. Konsumsi serat yang disarankan adalah 4-5 porsi sayur segar  dan 1-2 porsi buah segar. Selain sayur dan buah, serat bisa juga ditemukan di roti gandum dan oatmeal.
  • Vitamin dan mineral tidak kalah penting. Beta-karoten(β-Karoten), selenium, vitamin C dan E merupakan konsumsi yang sangat diperlukan oleh pasien kanker dan tumor otak. Sumber semua ini bisa ditemukan pada bayam, wortel, ubi jalar, ikan dan buah.

Makanan Tidak Boleh Di Konsumsi

  • Gula dan karbohindrat harus dihindari karena mereka merupakan makanan utama sel kanker. Pada saat pengobatan brain tumor and cancer, sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh akan mengkonsumsi 10-15 kali lipat gula. Gula yang dikonsumsi akan menjadi energy para sel kanker yang mempercepat perkembangan mereka.
Sebelum memulai mengkonsumsi makanan yang disarankan di atas, ada baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda. Untuk beberapa kasus khusus, Anda mungkin harus menghindari beberapa makanan di atas; entah itu karena alergi atau sel kanker Anda yang agak berbeda jadi jangan lupa bertanya seperti kata pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan”. Semoga berguna –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger