Manfaat Minum Susu Bagi Ibu Hamil

Berbagai manfaat susu bisa didapatkan hanya dengan meminum segelas susu cair segar setiap harinya. Manfaat yang terkandung dalam susu sangat baik bagi ibu hamil.  Pada masa hamil, calon ibu tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri tetapi juga kesehatan bayi yang sedang dikandungnya.

Manfaat Susu Bagi Calon Ibu dan Bayi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan calon ibu dan bayi adalah mengkonsumsi susu secara teratur. Susu cair segar banyak mengandung kebaikan yang emang dibutuhkan oleh tubuh calon ibu untuk mendukung pertumbuhan calon bayi. Saat hamil, kebutuhan akan nutrisi akan meningkat. Beberapa nutrisi yang baik untuk calon ibu dan anak yang bisa ditemukan dalam susu adalah vitamin, mineral, asam folat, zat besi, protein, karbohidrat dan lemak. Dari semua nutrisi ini, nutrisi yang paling berperan adalah protein dan asam folat.

Manfaat Protein Dalam Susu

Protein yang bisa didapat dari susu ini dapat membantu pertumbuhan calon bayi. Berikut beberapa manfaat protein bagi calon bayi dan ibu:
manfaat minum susu bagi ibu hamil
  • Ambil bagian dalam proses pembentukan tubuh dan sel otak calon bayi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh calon ibu sehingga tidak mudah sakit
  • Meningkatkan kualitas asi yang akan digunakan ibu untuk menyusui bayinya.
  • Membantu dalam memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak dikarenakan kehamilan dan proses melahirkan.
Untuk seorang calon ibu, disarankan untuk mengkonsumsi 2-3 gelas susu sehari untuk mendapatkan manfaat susu seutuhnya.

Manfaat Asam Folat Dalam Susu

Asam Folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan demi tumbuh kembang bayi. Asal folat bisa menurunkan resiko terjadinya cacat otak yang dikenal juga dengan nama Neutral Tube Deffects (NTD). Selain itu, Adam Folat ini bisa meminimkan resiko terjadinya keguguran.

Dilihat dari semua manfaat ini, boleh dibilang susu menjadi minuman yang wajib dikonsumsi oleh seorang calon ibu. Namun sebelumnya diharapkan calon orang tua berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. -hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger