Heterochromia, Penyakit Atau Keajaiban?


Heterochromia adalah sebutan untuk masalah perbedaan warna antara iris mata kiri dengan iris mata kanan. heterochromia bisa terjadi pada manusia dan hewan. Kebanyak heterochromia hewan banyak ditemukan pada anjing dan kucing (mungkin karena tidak ada penelitian lebih lanjut pada hewan lain). Heterochromia bisa terjadi pada wanita, pria dan anak-anak jadi tidak ada batas umur dan gendre.

Heterochromia bisa terjadi karena DNA (warisan), kelebihan melanin(pigmen), kekurangan melanin,mosaikisme (simtoma pada makluk hidp yang memiliki 2 atau lebih sel yang berasal dari fenotipe genetic berbeda) penyakit (tumor) atau terluka. Pada mata, biasanya disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan melanin.

Heterochromia menurut bentuknya terbagi menjadi 3 yaitu
heterochromia
  1. Heterochromia sebagian berarti salah satu mata memiliki 2 warna sekaligus. Contohnya warna iris asli cokelat namun disebelah mata iris cokelat ini memiliki warna lain yaitu biru baik itu dikit atau udah menguasai ¾ warna cokelat.
  2. Heterochromia penuh berarti satu iris mata beda dengan sebelahnya. Contoh warna mata cokelat untuk mata kanan tetapi warna mata kiri biru sempurna kecuali titik hitam (pupil) ditengah mata.
  3. Heterochromia pusat berarti warna iris yang berbeda dengan warna asli mata tidak penuh, hanya mengelilingi pupil jadi kaya mata bunga yang memiliki inti hitam lalu kelopak dalam berwarna hijau kemudian kelopak luarnya berwarna biru.
Hingga sekarang dibilang heterochromia bukanlah penyakit yang berbahaya kecuali disebabkan oleh tumor. Bila tumor ganas berarti harus operasi. Sampai sekarang belum ada keluhan tentang heterochromia terutama dari artis –artis yang mengalaminya seperti artis Kate Bosworth, Alice Eve, Jane Seymour, Kiefer Sutherland, Christopheer Walken dan yang lainnya. -hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger