7 Manfaat Dari CCTV & IP Camera


CCTV IP camera merupakan dua (2) jenis kamera pengitai yang sering digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dengan tujuan yang  mungkin saja berbeda. Ke-dua kamera pengintai ini memiliki beberapa perbedaan dan persamaan yang cukup jelas.


CCTV merupakan kependekan dari kata “Closed-Circuit-Television”yang digunakan untuk mengawasi sebuah tempat ataupun ruangan tertentu. Ini merupakan teknologi pengintai yang murah dibandingkan elektronik pengintai lainnya. Ukuran kameranya cukup besar dan berbentuk persegi panjang. Teknologi ini hanya membutuhkan kabel dan televisi. Perekam video bisa ditambahkan bila penguna ingin merekam kejadian di ruangan yang diintai.


Kepanjangan dari IP Camera adalah “Internet Protocol Camera”. Camera ini memiliki kegunaan yang sama dengan CCTV, namun harganya lebih mahal. Kenapa bisa lebih mahal? Camera ini merupakan penyempurnaan dari CCTV. Bentuknya yang kecil dan minimalis membuat tidak menganggu desain interior sebuah ruangan.  Salah satu keunggulan lainnya adalah pengaksesan yang bisa dilakuakan dimana dan kapan saja dengan menggunakan koneksi internet. Bahkan pengaksesan ini bisa menggunakan handphone dan tablet.
CCTV dan IP Camera ini banyak digunakan untuk
  • Bukti tindakan kejahatan seperti perampokan bank, penculikan bahkan pembunuhan. Tentu saja hal ini harus terekam terlebih dahulu.
     
  • Mengawasi lalu lintas. Dengan mengawasi lalu lintas, seseorang bisa melamporakan bila ada kemacetan atau kecelakaan.
     
  • Mengawasi halte busway. Halte busway yang rawan pencurian bisa diawasi oleh penwasan dengan leluasa tanpa perlu menganggu penumpang.
     
  • Alat mencegah kejahatan. Kebanyakan penjahat akan mengurungkan niatnya ketika  melihat kamera pengawas.
     
  • Mengawasi kinerja karyawan. Kebanyakan perusahaan memasang kamera pengawas di dalam kantor bukan untuk hanya mengintai pencuri yang masuk tapi juga mengawasi kinerja karyawannya.
     
  • Merekam pembicaraan atau meeting yang penting. Beberapa perusahaan merekam pembicaraan atau meeting yang mereka anggap penting terutama agar kedepannya bisa dijadikan bukti pembenaran.
     
  • Mengawasi kasir atau bagian keuangan. Bagian kasir adalah bagian yang cukup rawan terjadinya kejahatan sehingga kamera pengintai selalu dipasang disana. Selain mencegah kejahatan, kamera ini bisa mengawasi banyakanya pelangan dan uang yang keluar masuk.
Di atas adalah 7 manfaat yang menjadi alasan  pengunaan CCTV IP Camera. Tidak tertutup kemungkinan ada manfaat dan tujuan lainnya. Semoga berguna –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger