Meningkatkan Asi Demi Anak


Meningkatkan asi demi anak mungkin terdengar terlalu klasik namun tahukah Anda bahwa asi bisa meningkatkan kecerdasan anak? Bila tahu, kalimat ‘meningkatkan asi demi anak’ tidak akan terdengar klasik lagi.

Tidak yakin asi bisa meningkatkan kecerdasan anak? Menurut sebuah riset yang sudah dipublish di Archives of General Psychiatry, anak –anak yang sejak lahir hingga 3 bulan atau 1 tahun pertama menerima asi tercatat memiliki nilai IQ yang lebih baik daripada anak – anak lain yang tidak menerima asi atau lebih banyak menerima minum susu formula daripada asi.

Menurut hasil analisanya, asi mengandung beragam asam lemak yang memang mampu meningkatkan kecerdasan anak. Selain kandungan asi, proses menyusui yang mempengaruhi fisik dan emosi anak ternyata dapat menciptakan perubahan permanen pada perkembangan otak anak. Anak pun diajari cara berinteraksi dengan bantuan ibunya saat proses meyusui. Jadi meningkatkan asi membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Cara meningkatkan asi ibu secara alami adalah
meningkatkan asi
  • Untuk meningkatkan pasokan asi, seorang ibu harus banyak minum. Minuman yang bisa diminum selain air putih adalah jus buah atau sayur tanpa gula dan susu rendah lemak. Jangan pernah mencoba minuman berkafein karena seorang ibu menyusui harus menghindari kafein.
  • Ibu yang menyusui memerlukan kalori yang banyak daripada wanita biasa sehingga tidak heran mereka harus mengkonsumsi lebih banyak daripada biasanya untuk meningkatkan asi. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral merupakan pilihan yang tepat. Contoh makanan cocok di konsumsi ibu menyusui adalah sayuran berdaun hijau (brokoli dan bayam), buah segar, ikan dengan omega3, susu rendah lemak, biji-bijian (jagung dan gandum) serta kacang-kacangan. Makanan ini harus dikonsumsi secara teratur.
  • Bila merasa pasokan asi tetap kurang setelah melakukan langkah pertama dan kedua diatas, saatnya mengunakan cara meningkatkan asi ke-3. Mulai mengkonsumsi oatmeal setiap paginya serta gunakan jahe dan bawang putih sebagai bahan masakan. Tiga bahan ini diterbukti dapat membantu namun jangan sampia over mengkonsumsinya.

Di atas adalah 3 cara meningkatkan asi secara alami melalui makanan dan minuman yang mudah diterapkan. Semoga berguna. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger