Harga Mobil Dipengaruhi Beberapa Faktor


Harga mobil akan semakin tinggi bila harga produksi yang dikeluarkan semakin banyak. Ini merupakan pengetahuan umum yang diketahui oleh semua orang. Tapi sebenarnya masih ada hal lain yang bisa mempengaruhi naik turunnya harga mobil.

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi naik turunnya harga mobil adalah:
Biaya produksi mobil
Semakin tinggi harga bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat sebuah mobil, semakin tinggi harga mobil yang ditetapkan. Biaya produksi tidak hanya terpaku pada bahan baku saja, masih ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk tenaga kerja, penelitian dan proses uji coba.

Jumlah produksi mobil
Semakin sedikit jumlah mobil yang diproduksi semakin mahal harga mobilnya. Bila jumlah mobil yang diproduksi banyak dalam sebulan, harga yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku pun lebih murah sehingga harga mobil juga makain murah. Hal ini dikarena semakin banyak bahan baku yang diborong sekaligus, semakin murah harga yang diberikan ke pada produsen mobil.

Harga kompetitor lain
Bila mobil terbaru yang dikeluarkan memiliki sistem, mekanisme, mesin dan body mobil yang hampir sama atau kurang dari mobil kompetitor lain, biasanya harga mobil baru ini akan lebih murah terkecuali mobil terbaru ini memiliki sebuah sistem yang memang tidak bisa ditemukan di mobil Kompetitor lainnya.

Harga dan pajak impor mobil
Harga dan pajak impor mobil dari negara lain juga menentukan harga mobil yang ditetapkan oleh penjual. Misalnya pabrik pembuatan mobil Toyota All New Avanza hanya ditemukan di Indonesia, harga  mobil Toyota All New Avanza di negara lain  akan lebih  mahal dari pada harga mobil Toyota All New Avanza di Indonesia karena penjual dinegara lain harus menanggung biaya dan pajak impor mobil sedangkan penjual di Negara Indonesia hanya perlu menanggung biaya kirim dalam negeri yang tentu lebih murah daripada biaya kirim keluar negeri.

4 hal ini adalah hal yang dipertimbangkan dalam menetukan harga sebuah mobil oleh para penjual dan produsen mobil. Jadi mengertilah hati para produsen dan penjual mobil yang juga tidak mau rugi karena biaya yang mereka keluarkan pun tidak sedikit. Semoga berguna –hm-

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger