Water Heater Yang Tepat


Alat teknologi seperti  water heater modern sudah semakin banyak digunakan oleh keluarga terutama untuk keluarga yang tinggal di kota. Banyak rumah yang menggunakan alat teknologi water heater ini sebagai pengganti water heater tradisional. Water heater tradisional merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan oleh manusia sejak lama.

Apa itu water heater tradisional?  water heater tradisional adalah  memanaskan air secara tradisional dimana air dimasukan ke dalam teko, panci atau kuali lalu dipanaskan diatas kompor.
Sebenarnya berapa banyak water heater modern? Cukup banyak seperti
  • Water heater Gas yang menggunakan gas elpiji sebagai sumber energinya. Kisaran harga 500 – 2 juta.
  • Electric water heater membutuhkan listrik untuk berkerja. Pemanas air listrik ini terbagi lagi menjadi 2 yaitu pemanas air listrik tangki dan tanpa tanki. Kisaran harga untuk pemanas yang memiliki tangki adalah 2 -5 juta sedangkan yang tidak memiliki tangki berkisar antara 400 – 1 juta.
  • Solar water heater memiliki papan penyerap panas yang biasa diletakan di atas atap agar bisa menyerap panas selama mungkin dari sinar matahari karena sinar matahari merupakan sumber energinya sehingga bisa digunakan untuk jumlag yang banyak. Harga berkisar dari 15 – 20 juta namun water heater ini tidak perlu perawatan yang sangat mengulas biaya seperti water heater lainnya.
  • Heat Exchanger Water Heater menggunakan udara panas yang berasal dari compressor AC. Udara panas di dalam ruangan biasa dibuang keluar oleh mesin AC menlalu compressornya agar udara didalam ruangan bisa dan/atau tetap dingin. Berkisar antara 7 – 20 juta.

 Mungkin nanti akan ada water heater menggunakan tenaga kincir angin, aliran air atau nuklir.
Setelah mengetahui tipenya, saatnya memilih water heater yang tepat. Dengan cara menanyakan pertanyaan di bawah ini
  • Apakah Anda mau mengeluarkan biaya lebih bila sumber energinya seperti gas atau listrik?
  • Apakah Anda bisa mengeluarkan biaya operasional ketika dibutuhkan untuk menjaga kebersihannya?
  • Adakah tempat untuk meletakkan tankinya?
  • Berapa budget yang ditetapkan?
  • Berapa jumlah keluarga?

Bila jawabanya untuk pertanyaan 1 hingga 3 adalah ‘Tidak’, mungkin pilihan yang tepat adalah solar water heater yang sangat cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah yang sangat banyak. Walaupun harganya mahal, namun pemanas air ini lebih ramah lingkungan plus harga operasionalnya hampir gak ada kecuali ada kerusakan yang sangat parah.  Semoga berguna –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger