Mengenal Bunga Peony

Bunga peony (peoni) merupaka bunga yang masih tergolong ke dalam keluarga Paeoniaceae. Banyak versi cerita asal muasal munculnya bunga peony. Salah satu yang paling terkenal adalah versi Paeon. Paeon adalah seorang murid dari dewa obat dan penyembuh yang berasal dari Yunani. Dewa tersebut bernama Asclepius. Dewa Asclepius sangat cemburu akan kepintaran Paeon sehingga dia berusaha mencelakakan Paeon. Namun Dewa Zeus menolongnya Paeon dan memutuskan mengubahnya menjadi bunga Peony agar Paeon  terhindar dari murka Asclepius.


Arti Bunga Peony

bunga peony
Di negara Cina, bunga ini banyak digunakan sebagai dalam upacara pernikahan karena melambangkan cinta, kemakmuran, nasib baik dan kebahagian. Namun beberapa daerah menganggap bahwa bunga peony juga bisa digunakan untuk mengekspresikan kedongkolan atau rasa malu. Secara umum, bunga ini melambangkan kesehatan, kemakmuran dan kehidupan serta pernikahan yang bahagia. (Bunga yang penuh dengan doa ya, cocok untuk hadiah bagi orang yang kita sayangi seperti teman, saudara dan keluarga :D)

Fakta Bunga Peony

Berikut beberapa fakta nyata bunga peony:
  • Bunga peony pertama kali diperkenalkan di Eropa oleh pasukan Romawi pada tahun 1200.
  • Catatan tentang bunga peony ditemukan di buku-buku botani yang diterbitkan pada tahun 1636.
  • Peony merupakan simbol bunga nasional Cina sejak tahun 1903. Disana biasanya bunga ini disebut Mudan.
  • Bila terkena matahari langsung selama kurang lebih 2 minggu, daun bunga ini akan berubah menjadi warna burgundy (merah anggur).
  • Bunga peony disebut Ebisugusuri di Jepang. Ebisugusuri artinya obat dari Cina. Pada pengobatan tradisional, akar bunga peony digunakan sebagai obat kram karena menstruasi, asma dan kejang-kejang.

Semoga info ini membuat Anda lebih mengenal bunga Peony. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger