Recall Mobil Sirion & Grand Max


Sirion adalah mobil keluaran Daihatsu untuk pasar mobil city di Indonesia. Sirion hingga sekarang belum pernah menduduki peringkat di bawah 5 untuk penjualan terbanyak mobil city di Indonesia. Mobil Sirion pertama dikeluarkan oleh Jepang pada tahun 1998 dan pada saat itu disebut generasi pertama (1998 -2004). Generasi ke-2 mulai diproduksi pada tahun 2004. Kebanyakan orang dan dealer mobil Daihatsu melabel Sirion generasi 2 dengan nama All New Sirion.

Mobil All New Sirion yang dilengkapi dengan mesin 1300 cc WT-I yang sangat efesien terbagi menjadi 2 yaitu:
mobil sirio
  • All New Sirion 1.3 AT (automatic)
  • All New Sirion 1.3 MT (manual)

Berdasarkan berita di Bisnis Indonesia, perusahaan Daihatsu Indonesia memberikan penyataan kepada para dealer mobil Daihatsu dan konsumer bahwa pihak Daihatsu Indonesia akan melakukan recall pada bulan Mei 2012. Proses recall ini berlaku untuk
  • Sirion buatan Januari 2008 – Maret 2011
  • Grand Max Pick Up buatan 2007 – 15 Oktober 2010
  • Grand Max Mini Bus buatan 2007  - 23 Oktober 2008
  • Grand Max Blind Van buatan 2007  - 23 Oktober 2008

Dari pemberitahuan kepada pihak dealer mobil Daihatsu dan konsumer, diketahui bahwa proses recall ini akan berlangsung selama 1 tahun yaitu dari tanggal 29 Mei 2012 – 28 Mei 2013. Pada kurung waktu ini, Daihatsu Indonesia mengharapkan para dealer mobil Daihatsu atau para konsumer yang sudah tahu dapat memberitahukan kepada para konsumer yang belum tahu bahwa mereka dapat datang langsung ke bengkel resmi Daihatsu untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Bila konsumer bingung, harap menghubungi dealer mobil Daihatsu.

Kenapa Daihatsu Indonesia melakukan recall? Pihak Daihatsu Indonesia menemukan bahwa 4 jenis mobil di atas mempunyai kekurangan yang dapat mengancam keselamatan penggunanya. Kekurangan yang ada pada Sirion adalah adanya kebocoran pada selang pembuangan air AC. Tetes-tetes air dari kebocoran ini dapat membuat Steering rack (besi pada stir atau alat kemudi mobil) berkarat. Sedangkan untuk mobil tipe Grand Max ada kerusakan pada dudukan untuk ban cadangan yang dapat membahayakan orang di belakang.
Ke-2 masalah inilah yang dihadapai oleh Daihatsu Jepang. Untuk mengantisipasi agar masalah ini tidak terjadi pada pemilik Sirion dan Grand Max di Indonesia, Daihatsu Indonesia terlebih dahulu melakukan proses recall agar kerusakan bisa diperbaiki sebelum adanya korban.

Untuk memperbaiki dan menganti bagian yang rusak ini, konsumer tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Proses recall ini menunjukan bahwa Daihatsu Indonesia begitu peduli dengan keselamatan dan kepuasan konsumernya bahkan sebelum hal itu terjadi. Untuk info lengkapnya silakan hubungi perusahan, bengkel dan dealer mobil Daihatsu Indonesia.–hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger