Rambut Rontok Alopecia Areata


Beberapa orang mengalami rambut rontok di salah satu bagian kecil kepalanya yang bisa menyebabkan pitak kecil. Dikarenakan area yang bermasalah hanya kecil, banyak orang terlalu menganggap remeh hal ini. Padahal beberapa kasus terburuk, pitak kecil bisa menjadi besar dan permanen. Salah satu masalah rambut pitak disebut dengan Alopecia Areata.

Alopecia Areata dimulai dengan rambut rontok yang membentuk pitak kecil berbentuk seperti koin. Namun biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah 3 – 6 bulan tanpa pengobatan tapi kadang – kadang diperlukan pengobatan. Rambut yang tumbuh kembali bisa berwarna hitam maupun putih. Perlu diperhatikan bahwa  Alopecia Areata tidak hanya terjadi pada bagian kelapa penderita saja, masalah ini bisa menyerang janggut maupun alis.

Alopecia Areata pada umumnya dianggap sebagai kondisi dimana tubuh menyerang dirinya sendiri sehingga menyebabkan rambut rontok lalu membentuk pitak. Banyak orang menganggap bahwa penderita Alopecia Areata disebabkan oleh stres. Padahal ini belum tentu. Malahan mungkin penyebab stress adalah karena adanya Alopecia Areata.

Pengobatan untuk penyakit sudah ada sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jenis pengobatan yang bisa dipilih adalah
rambut rontok alopecia areata
rambut rontok alopecia areata
  • Injeksi steroid seperti triamcinolone yang berguna untuk merangsang rambut rontok untuk tumbuh kembali agar pitaknya hilang. Walaupun cara ini tidak praktis bila pitaknya sudah besar.
  • Immunosuppressives merupakan tindakan mengurangi sistem kekebalan tubuh agar tidak lagi menyerang diri sendiri.

Beberapa orang lebih memilih membotaki rambutnya daripada melakukan pengobatan. Yang lain memilih menggunakan rambut palsu atau aksesoris untuk menutupi pitaknya. Semoga info ini membantu Anda dalam menghadapi masalah rambut rontok Alopecia Areata. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger