Olahraga Untuk Penderita Nyeri Sendi


Nyeri sendi  bisa terjadi pada setiap bagian tubuh manusia. Nyeri pada sendi lebih sering terjadi pada tangan dan kaki yang biasanya memiliki tugas yang berat. Kaki sebagai penompang dan tangan selalu berkerja. Nyeri sendi bisa muncul karena adanya peradangan pada daerah sendi terutama jika adanya gangguan pada jaringan cairan pelumas sendi.

Olahraga secara teratur dapat membantu para penderita radang atau nyeri sendi / Rheumatoid Arthritis (RA). Dengan berolahraga, nyeri akan berkurang dan otot tidak akan kaku lagi.  Bila tidak aktif melakukan olahraga, otot dan sendi akan semakin lemah. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah:
olahraga untuk penderita nyeri sendi
  • Lakukan aerobik ringan seperti naik tangga, berjalan, jogging dan menari. Aerobik ringan ini dapat membantu tubuh tetap bugar serta memengurangi resiko penyakit jantung dan nyeri sendi.  Mulailah melakukan aerobik ringan untuk beberapa menit setiap hari. Tingkatkan waktunya  secara bertahap dari 5 menit ke 10 menit hingga 60 menit (1 jam).
  • Tambahkan olahraga beban 2-3 kali seminggu. Olahraga yang menggunakan beban dapat meningkatkan kekuatan otot serta mobilitasnya sehingga bisa mengurangi nyeri sendi. Gunakan band elastis atau beban. Mulai menggunakan beban paling ringan yang kemudian ditingkatkan sedikit demi sedikit.
  • Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan. Berenang akan membantu memperkuat sendi di seluruh tubuh terutama sendi di pungung, tangan dan kaki. Untuk permulaannya, berenanglah beberapa menit dengan bantuan papan pengapung. Tingkatkan waktunya dari beberapa menit menjadi 10 hingga 30 menit (1/2 jam). Ketika sudah terbiasa dengan air, papan pengapung bisa dilepas.
  • Isometric merupakan salah satu olahraga peregangan yang ringan namun bagus untuk penderita nyeri sendi. Biasanya peregangan ini sering dilakukan sebelum melakukan olahraga yang berat. Peregangan banyak jenis jadi lebih baik mencari orang yang sudah menguasai isometric seperti pelatih GYM.
  • Thai Chi dapat meningkatkan kelenturan tubuh, otot dan sendi. Thai chi merupakan serangkaian gerakan yang penuh kelembutan sehingga dapat menciptakan ketenangan batin dan keseimbangan antara kelenturan serta otot. Ini merupakan salah satu olahraga yang tidak akan memberatkan penderita nyeri sendi.

Perlu diingat bahwa 5 olahraga di atas harus dilakukan secara teratur baru hasilnya kelihatan. Waktu yang dibutuhkan -/+ 3 bulan untuk terlihat hasilnya. Semoga info ini membantu. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger