Mencegah Nyeri Sendi


Nyeri sendi biasanya dikenal juga sebagai radang sendi. Radang sendi ini muncul pada tubuh dikarenakan ligament dan tulang rawan di sendi sudah aus sehingga menyebabkan sendi tidak berfungsi sebagai mana mestinya, pembengkakan dan penurunan mobilitas. Skenario terburuk dari penyakit ini adalah sakit sendi yang tidak tertahankan sehingga dokter akan merekomendasikan operasi sebagai sarana pengobatan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan salah satu moto yang harus diterapkan untuk penyakit nyeri sendi. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah:
olahraga mencegah nyeri sendi
  • Olahraga setiap hari disertai dengan peregangan sangat dianjurkan karena dengan olahraga fungsi otot, tendo serta  ligament akan ditingkatkan. Peregangan rutin juga dapat mengurangi  nyeri sendi. Namun jangan berlebihan dalam melakukan olahraga.
  • Menjaga berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat memberikan tekanan dan pekerjaan tambahan kepada sendi tubuh terutama sendi pada kaki.
  • Konsumsi makanan –makanan sehat seperti kiwi, manga, papaya, apel, brokoli, bayam, labu siam, tomat, jagung, kacang dan oat yang dapat membantu tubuh membentuk protein “Collangen”.  Protein “Collangen” merupakan salah satu jenis protein yang dapat ditemukan di tendon (urat) dan tulang rawan.  Namun jangan mengonsumsi secara berlebihan juga.

3 cara sederhana ini tidak hanya bisa dilakukan pada masa pencegahan  saja tetapi juga dapat dilakukan saat sudah mengalami nyeri sendi. Semoga berguna. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger