Cara Menghindari Penyakit Pada Rawan Sendi

Rawan sendi merupakan lapisan halus yang dapat ditemukan pada permukaan tulang. Fungsi rawan sendi adalah melindungi tulang dari getaran akibat gerakan badan. Bila tidak menjaga daerah rawan pada sendi dengan baik, itu akan berakbit fatal. Penyakit yang menyerang rawan sendi cukup banyak. Penyakit tersebut tidak memandang batas usia dan jenis kelamin alias tidak pandang bulu. Yang bisa dilakukan hanyalah menghindarinya atau mencegahnya.

Gimana cara menghindari penyakit pada rawan sendi ? Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindarinya:
cara menghindar rawan sendi
  • Ubah gaya hidup Anda yang buruk. Jangan sering begadang, duduk dan berdiri.
  • Coba lakukan meditasi dan yoga yang dapat memebantu menurukan stress serta membantu menjaga kesehatan tulang.
  • Hindari kegiatan atau hal yang bisa melukai dan mencelakai persendian seperti olahraga yang berlebihan. Karena olahraga yang berlebihan dapat menekan sendi dan otot Anda secara berlebihan.
  • Tidur dan duduk dengan posisi yang benar agar menjaga bentuk tulang. Bentuk tulang yang salah dapat menyebabkan tulang sakit terutama pada persendiannya.
  • Berhenti merokok karena menurut data dan penelitian yang sudah ada, merokok dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis dan artritis.
  • Olahraga dan perengangan secara teratur setiap harinya dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian. Mulai dari olahraga yang ringan terlebih dahulu baru ditingkatkan secara bertahap.
  • Makan makanan sehat yang mengandung protein yang baik. Protein dapat membantu tubuh membentuk tulang yang sehat. Makanan yang penuh protein adalah tahu dan tempat yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan bakunya.
Tujuh cara ini merupakan cara sederhana yang bisa dijalankan dalam kehidupan sehari – hari. Hidup sehat maka Anda akan terhindar dari penyakit pada rawan persendian. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger