Mencegah Rambut Rontok Secara Alami


Rambut rontok yang masih terhitung normal adalah 50 – 100 helai perhari, bila lebih berarti sudah menjadi masalah. Kerontokan pada rambut bisa dipastikan 80 persennya memang disebabkan oleh keturunan sedangan 20 persen sisanya disebabkan oleh faktor lain. Faktor lain yang dapat memicu masalah rambut ini adalah kurang nutrisi, pengobatan, penyakit, perubahan hormon, produk perawatan serta stress. Faktor 20 persen inilah yang bisa dicegah.

Cara Mencegah Rambut Rontok
Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah masalah rambut rontok adalah
cegah rambut rontok
  • Keramas secara rutin dengan menggunakan air yang hangat. Ingat tidak dingin dan tidak panas, hanya hangat.
  • Gunakan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut secara teratur. Kondisioner bisa tetap digunakan walaupun tidak keramas. Namun ada baiknya digunakan setelah keramas agar rambut sudah bersih sebelum diberi kondisioner sehingga manfaat kondisioner lebih mudah diserap oleh rambut.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan protein seperti salmon, kecamba (tauge), bayam, kacang-kacangan dan buah segar secara teratur. Jangan mengkonsumsi  vitamin A dan E secara berlebihan karena dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Jaga tubuh agar tetap fit karena beberapa penyakit kronis dan infeksi serta demam tinggi bisa menjadi salah satu pemicu munculnya masalah rambut rontok. Untuk mencegah tubuh tetap fit, konsumsi air putih dan makanan sehat yang banyak serta berolahraga.
  • Hindari produk dan perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang keras seperti pewarna rambut, mengeriting rambut dan mencatok rambut. Untuk pewarnaan rambut, lebih baik tidak mewarnai rambut lebih dari 1 kali dalam 3 bulan.
  • Hindari cara menata rambut yang mengharuskan penata menarik rambut dengan kuat seperti gaya rambut ekor kuda. Cara menata ini akan menyebabkan akar rambut jadi lemah dan mudah tercabut.

Semoga 6 cara pencegahan ini dapat membantu mencegah masalah rambut rontok. Ingat beberapa hal – hal di atas perlu dilakukan secara teratur terutama untuk makanan, kesehatan, keramas dan kodisioner. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger