Penggobatan Tumor Dengan Gamma Knife


Pengobatan tumor dan kanker otak (brain tumor and cancer) tanpa operasi sudah bisa dilakukan. Dengan kemajuan ilmu kedokteran, para dokter bisa menggobati penderita tumor dan kanker otak dengan mesin bernama Gamma Knife.Gamma Knife merupakan mesin dokter khusus untuk terapi non-invafis bagi penderita tumor dan kanker otak. Mesin ini bisa menggeluarkan 192 sinar radiasi yang difokuskan untuk merusak jaringan abnormal. Sinar radiasi yang dikeluarkan mesin tidak akan merusak jaringan sehat yang berada disekitar jaringan abnormal.

Teknologi  canggih ini diciptakan oleh seorang ahli bedah saraf Swedia yang bernama Professor Lars Leksell. Dalam penggunaan teknologi Gamma Knife, dokter akan menjalankan berbagai prosedur. Prosedur yang dilakukan oleh dokter adalah:
mesin gamma knife
Mesin Gamma Knife

  • Memasangkan bingkai kepala khusus bernama stereotactic head frame pada pasien yang akan diobati. Bingkai ini berfungsi  memastikan kepala pasien tidak bergerak saat proses pencitraan dan pengobatan sehingga sinar radiasi dapat diarahkan tepat ke sasaran.
  • Melakukan pencitraan menggunakan MRI, CT Scan atau DSA untuk menentukan ukuran, bentuk dan lokasi tumor dan kanker otak. Biasanya proses ini memakan waktu 30 menit hingga 1 jam. Jadi pasien diharapkan untuk bersabar dan tenang.
  • Dari hasil pencitraan, para dokter spesialis akan memutuskan kapan terapi dapat dimulai. Para dokter juga akan menhitung perencanaan terapi dengan menggunakan komputer khusus untuk terapi Gamma Knife. Perlu diingat bahwa perencaan terapi ini berbeda untuk setiap pasien karena disesuaikan dengan kondisi medis dan hasil pencitraan.
  • Setelah semua prosedur dijalani dan pasien setuju diterapi. Terapi akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Dalam proses pengobatan tumor dan kanker otak, pasien hanya perlu berbaring di tempat tidur mesin Gamma Knife. Selama proses pengobtan, pasien akan tetap sadar dan dapat berkomunikasi dengan dokter melalui media audio video khusus. Bila merasa lelah, pasien bisa meminta waktu istirahat.
  • Setelah terapi Gamma Knife, bingkai kepala akan dilepas dan pasien akan dibiarkan beristirahat di kamarnya. Pasien sudah bisa pulang setelah 1 hari beristirahat namun disarankan untuk menghubungi dokter bila merasa sakit di area kepala karena efek nyeri bisa muncul tiba-tiba pada titik di mana bingkai kepala terpasang. Efek ini akan hilang seiring berjalannya waktu, biasanya 1-2 minggu.
  • Pasien diharapkan untuk check up lagi setelah 3 - 12 bulan proses terapi Gamma Knife. Pada tahap ini, dokter akan mengadakan evaluasi ulang dengan pencitraa untuk melihat apakah tumor dan kanker otak tersebut tumbuh kembali atau tidak.

Semoga dengan keterangan di atas, pembaca mengenal proses sebelum dan sesudah pengobatan tumor dan kanker otak menggunakan teknologi Gamma Knife. –hm-

0 komentar :

Poskan Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger